Sekretaris DPRD atau Sekwan Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Jaini menyatakan, "Kirab Merah Putih" ke-5 simbol kebersamaan dan persatuan di provinsinya yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

M Jaini menyatakan itu, Ahad (25/8) atau di sela-sela Kirab Merah Putih ke-5 tersebut yang mulai/start muka Kodim 1022 Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di Batulicin (sekitar 269 km tenggara Banjarmasin), 24 Agustus.

Baca juga: Bupati Banjar harapkan Pemilu jadi sarana memajukan kesejahteraan masyarakat

"Kirab Merah Putih ke-5 bukan sekadar parade, melainkan sebuah simbol kebersamaan dan semangat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman masyarakat Kalsel," tegas M Jaini.

Sekwan Kalsel mengapresiasi inisiatif Gubernurnya H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin menggelar Kirab Merah Putih, dan kini sudah merupakan yang kelima.

"Kirab Merah Putih bukti nyata bahwa semangat persatuan dan kebersamaan di Kalsel masih sangat kuat,” ujar Jaini saat perjalanan bersama para rider tersebut yang menempuh jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin sekitar 194 kilometer.

Pelepasan Kirab Merah Putih tersebut dengan pengibaran bendera oleh Gubernur Kalsel didampingi Ketua Tim Penggerak PKK provinsi setempat Hj Raudhatul Jannah atau Acil Odah serta Komandan Koriem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto.

Dalam perjalanan Kirab Merah Putih tersebut juga peresmian lima kelas baru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Simpang Tiga Mentewe Tanbu, serta saat finish di Alam Roh 24 Kiram Kabupaten Banjar.

Baca juga: Kriminal kemarin dari pidana siber hingga kirab Pemilu 2024

Ketika sebelum pelepasan Kirab Merah Putih tersebut di Batulicin, Gubernur Kalsel. berharap seluruh peserta dapat menyelesaikan perjalanan dengan selamat, serta selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

Sepanjang perjalanan Kirab Merah Putih ke-5 itu tersedia tempat peristirahatan antara lain di Simpang Tiga Mentewe Tanbu, Gunung Papua, Simpang Empat Sumber Baru, dan di Jembatan Awang Bangkal Kabupaten Banjar dengan peresmian jalan baru tersebut sebelum para peserta melanjutkan perjalanan menuju garis finis.

Pada garis finish para peserta kirab mendapat sambutan layanan dapur gratis dari Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel menyediakan makanan dan minuman buat para rider sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap partisipasi dalam kegiatan kirab tersebut, ujar M Jaini.
 

Sekretaris DPRD Kalsel Muhammad Jaini saat mengikuti "Kirab Merah Putih" ke-5 menelusuri jalan baru bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin Tanah Bumbu, Sabtu (24/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024