Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mengharapkan pemilihan umum baik legislatif maupun pemilihan presiden mampu menjadi sarana memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat.
 
"Pemilu 2024 hendaknya menjadi sarana memajukan kesejahteraan masyarakat. Bukan hanya memilih pemimpin tetapi memilih program yang memperbaiki kualitas hidup," ujarnya di Martapura, Rabu.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel: Peran saksi pemilu wujudkan stabilitas nasional
 
Pernyataan itu disampaikan bupati usai mengikuti kirab Pemilu tahun 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjar di halaman Kantor Kecamatan Martapura di Desa Bincau.
 
Menurut Saidi, pihaknya atas nama Pemkab Banjar mengapresiasi atas dedikasi dan kerja keras dari seluruh panitia, penyelenggara, peserta dan pemangku kepentingan pemilu yang telah berkomitmen bersama.
 
Komitmen yang siap dilaksanakan yakni menjadikan pemilu 2024 sarana integrasi bangsa sekaligus menjadi wadah dalam mewujudkan pemilu yang damai, demokratis dan berintegritas.
 
"Deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa adalah komitmen bersama memastikan pemilu 2024 berjalan sesuai prinsip-prinsip yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," ungkapnya.

Baca juga: Polresta Banjarmasin ajak pemuda keliling kota deklarasi pemilu damai
 
Ditekankan, pemilu sebagai sarana memajukan kesejahteraan umum juga berperan menentukan arah pembangunan Kabupaten Banjar ke depan dan harus dipastikan arahnya membawa manfaat bagi semuanya.
 
Ketua KPU Banjar Muhammad Nor Aripin mengatakan, kapasitas penyelenggara menjadikan pemilu sarana integrasi bangsa dilakukan melalui upaya maksimal, perbaikan dan evaluasi sesuai aturan berlaku.
 
"Kami sebagai penyelenggara yang didukung seluruh pihak berupaya memastikan langkah menyongsong pesta demokrasi 2024 terus terukur dan telah sesuai prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu," ucapnya.
 
Sementara itu, kegiatan dihadiri Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsy dan Forkopimda yang bersama-sama menandatangani tekad dan komitmen mewujudkan pemilu yang jujur dan adil.
 

Baca juga: Bawaslu Kalsel gaet pemilih pemula jadi pengawas partisipatif

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023