Sebanyak 49 pemanjat tebing dari berbagai perguruan tinggi regional Kalimantan meramaikan Piala Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) pada "Wall Climbing Competition" di Banjarmasin mulai 14-17 Desember 2023.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi yang langsung membuka kejuaraan olahraga panjat tebing tersebut di Kampus Poliban, Banjarmasin, Kamis, menyampaikan apresiasi kejuaraan tersebut berjalan cukup meriah.

Baca juga: Poliban ikut berkolaborasi dengan sejumlah universitas di Taiwan
 
Apalagi, kata dia, peserta tidak hanya dari Provinsi Kalimantan Selatan, namun juga ada peserta yang datang dari Kalimantan Timur.
 
Joni pun meminta semua peserta menjunjung sportivitas saat bertanding, menunjukkan kemampuan terbaik hingga menjadi atlet panjat tebing yang berprestasi tidak hanya di tingkat regional Kalimantan, namun juga nasional bahkan membawa Indonesia pada ajang internasional.
 
Dia pun menyampaikan kompetensi ini sebagai bentuk pembinaan dan menambah jam terbang para atlet.
 
"Dengan adanya kompetisi seperti ini diharapkan bisa menjadi tolak ukur buat mahasiswa pecinta alam terutama di Poliban dan menyiapkan diri untuk ajang nasional seperti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) dan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Politeknik se- Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Poliban raih dua penghargaan dari Kemendikbud RI
 
Sementara itu, Pembina Komunitas Pecinta Alam Poliban (KPAP) Ucu Syauqi menyampaikan peserta yang mengikuti kompetisi tidak hanya berasal dari Kalimantan Selatan, namun juga dari Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.
 
"Total peserta ada 49 orang terdiri dari mahasiswa pecinta alam, siswa pecinta alam, Ormawa pecinta alam serta dari FPTI Kabupaten atau Kota di Kalsel," ujarnya.
 
Diharapkannya, kegiatan Wall Climbing Competition tersebut bisa terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan KPAP.
 
"Pada kesempatan ini KPAP mencoba melebarkan sayap dengan menjalin kerjasama dengan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Kalsel, tentunya ini juga sebagai upaya untuk membangun link dengan para peserta dan mitra kerjasama," demikian kata Ucu.

Baca juga: Dosen Poliban terima penghargaan internasional lewat riset "Panting"
 
Politeknik Banjarmasin (Poliban) menggelar Wall Climbing Competition 2023 diikuti sebanyak 49 peserta regional Kalimantan 14-17 Desember 2023 di Kampus Poliban, Banjaramsin, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/Sukarli)

Baca Link: Poliban

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023