Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menggandeng Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) V Banjarmasin guna melahirkan tenaga konstruksi muda profesional.
 
Menurut Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Kamis, upaya tersebut dengan menyelenggarakan sertifikat kompetensi kerja di bidang konstruksi untuk alumni Poliban.

Baca juga: Poliban libatkan puluhan dosen praktisi dari mitra industri
 
Dikatakan dia, sertifikasi kompetensi ini penting dipegang alumni kampusnya agar lebih percaya diri bersaing dan meyakinkan dunia kerja dan industri kualitas SDM yang dimiliki.
 
Karenanya, lanjut Joni Riadi, Poliban melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) mengapresiasi dan berterima kasih terhadap Ditjen BJKW V Banjarmasin yang menggelar sertifikasi kompetensi ini.
 
Menurut dia, gelar ini berlangsung dari 2-3 Oktober 2024 di Kampus Poliban di Banjarmasin, yakni sertifikasi kompetensi kerja bidang konstruksi supervisor K3 konstruksi jenjang 5 dan teknisi geoteknik jenjang 6.
 
"Sebanyak 76 orang yang mengikuti sertifikasi ini, sertifikasi ini sangat penting, karena ini juga menjadi syarat kelulusan di kampus kita," ujarnya.
 
Sementara itu, Kasi Pelaksanaan BJKW V Banjarmasin Boma Rizkiko menyampaikan, program sertifikasi ini adalah salah satu program dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi RI untuk memberikan kesempatan kepada para lulusan Poliban supaya mendapatkan sertifikat pendamping Ijazah dan bisa berkiprah di dunia konstruksi secepatnya.

Baca juga: Poliban dukung suksesi Meratus jadi UNESCO Global Geopark
 
"Kami bangga, di Kalimantan Selatan sudah ada beberapa LSP Pihak Pertama (P1) yang profesional dan sudah bisa menerbitkan SKK salah satunya LSP Politeknik Negeri Banjarmasin, oleh karena itu kami memberikan kesempatan untuk 76 peserta ini, dan alhamdulillah kami juga sangat didukung oleh direktur Poliban," ungkapnya.
 
Menurut Boma, dengan adanya sertifikat kompetensi ini, para lulusan Poliban akan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima dan bersaing di dunia konstruksi.
 
"Kita akan selalu mendukun program pemberdayaan masyarakat dari institusi pendidikan Poliban, dengan bekerjasama dengan kami semoga akan memberikan nilai tambah, baik berupa manfaat untuk masyarakat dan akreditasi Politeknik Negeri Banjarmasin," demikian katanya.
 
Baca juga: Poliban jajaki kerjasama dengan mitra industri di bidang smelter nikel
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024