Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menjajaki kerjasama dengan mitra industri yang bergerak di bidang smelter nikel, yakni PT Anugerah Barokah Cakrawala (PT. ABC).

Disampaikan Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Senin, peluang kerjasama terbuka lebar saat jajaran perusahaan berpusat di Kabupaten Tanah Bumbu tersebut berkunjung ke kampusnya pada 24 September 2024.

Utamanya untuk berkolaborasi agar menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan sesuai kebutuhan industri di PT. ABC.

"Kami terus menjalin kerja sama dengan dunia industri dan dunia usaha, dan tentunya kami mengapresiasi sekali niat baik untuk berkolaborasi dengan PT. ABC ini," katanya.

Menurut Joni Riadi, untuk mencapai tujuan itu tentunya perlu persiapan yang matang, termasuk memotivasi mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi.

"Ini langkah awal saja, mungkin kedepannya bisa kita tindak lanjuti lagi perihal untuk kerjasama lainnya," kata dia.

Sementara, Manager HRD PT. ABC Junaidi menyampaikan, kunjungan ke Poliban merupakan langkah awal pihaknya untuk mencari sumber daya manusia yang di butuhkan.

"Utamanya sumberdaya manusia kita butuhkan untuk produksi perusahaan kita di bidang smelter nikel yang berada di kawasan Batulicin, Tanbu," ucapnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan memulai produksi pada awal tahun 2026 dan membuka peluang untuk sekitar 700 calon karyawan yang ingin bergabung bersama PT. ABC.

"Sebesar 80 persen target kita adalah karyawan lokal, dan kita memberikan kesempatan ini untuk beberapa program studi di Poliban yang memenuhi kualifikasi kita supaya memenuhi sumber daya manusia yang kita perlukan saat masa produksi di tahun 2026 itu," jelasnya.

"Setelah kunjungan ini kita nanti akan melakukan pengabdian manajemen, sebagai langkah awal kita akan melihat potensi apa saja yang ada di Poliban yang sesuai dengan kebutuhan kita nanti," demikian katanya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024