Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan meluncur laman (website) "Desa Cerdas" yang diujicobakan pada sejumlah desa di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Sabtu, menyampaikan laman ini sudah siap digunakan di desa kawasan Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Baca juga: 49 pemanjat regional Kalimantan ramaikan Piala Direktur Poliban 2023
 
"Ini hasil kerja sama Poliban dengan Pemkab Kapuas, semoga bisa kita kembangkan lagi ke daerah lainnya," ujar Joni.
 
Disampaikan Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Poliban Ahmad Rizani, pembangunan sistem informasi ini bertujuan untuk mewujudkan Desa Cerdas (Smart Village) di Kabupaten Kapuas yang berbasis digitalisasi.
 
"Sebelumnya kita juga sudah melakukan pelatihan tata cara pengelolaan website desa cerdas ini bagi 22 desa di Kabupaten Kapuas," katanya.
 
Dia berharap laman desa untuk Pemerintah Kabupaten Kapuas ini mampu dikembangkan secara optimal dan bisa bermanfaat bagi masyarakat pedesaan.
 
Baca juga: Poliban ikut berkolaborasi dengan sejumlah universitas di Taiwan

"Dengan adanya sistem informasi ini juga harapannya agar mempermudah masyarakat desa dalam memperoleh informasi tentang desa," ucapnya.
 
Kepala Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Geomatika dan Survei Poliban Dewi Nur Indah Sari menjelaskan kemudahan yang didapat pada portal Desa Cerdas tersebut.
 
Di antaranya, kata dia, Pemerintah Kabupaten Kapuas bisa melakukan "update" seluruh kegiatan dan informasi yang berkaitan dengan desa berupa kegiatan ataupun produk unggulan di setiap desa.
 
Ke depannya, Dewi membeberkan laman yang pihaknya garap selama kurang lebih satu bulan ini akan dikembangkan dengan berbasis GIS dan berfungsi sebagai pusat pelayanan desa kepada masyarakat.
 
Baca Link: Poliban

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023