Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendukung penuh diselenggarakannya Kiram Arts Festival yang mengundang seniman nasional hingga mancanegara dari 8--12 November 2023 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalsel.
 
Karena gelar Kiram Arts Festival ini jadi pentas kesenian dunia dengan banyaknya seniman nasional dan mancanegara yang terlibat dalam pementasannya, ujar Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum dan Politik Pemprov Kalsel, Sulkan saat Welcome Gala Dinner dengan para seniman di Mahligai Pancasila di Banjarmasin, Selasa malam.

Baca juga: Seniman dari berbagai provinsi ramaikan Kiram Arts Festival Kalsel
 
Dia pun mengapresiasi para seniman nasional dan mancanegara yang hadir berpartisipasi dalam Kiram Arts Festival yang pertama di gelar di provinsi ini.
 
Apalagi, untuk seniman mancanegara yang hadir terdata dari 20 negara.
 
"Ini tentunya luar biasa, semoga dengan ini kesenian Indonesia, khususnya Kalsel bisa lebih dikenal masyarakat dunia," ucapnya yang hadir mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.
 
Sementara itu, Kasi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Sunjaya Adhiarso menyampaikan, bahwa gelar Kiram Arts Festival sudah siap dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada Rabu malam di Kiram Park Kabupaten Banjar.
 
Menurut dia, para seniman nasional dan mancanegara sudah sebagian besar berhadir untuk berpartisipasi di kegiatan yang bakal menjadi sejarah di provinsi ini.
 
"Berbagai kesenian bakal dipentaskan di sini, baik lokal, nasional maupun mancanegara," paparnya.

Baca juga: Seniman dari 20 negara dipastikan ramaikan Kiram Arts Festival Kalsel
 
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, ucap Sunjaya, mendukung penuh penyelenggaraan ini berjalan sukses, hingga bisa dilanjutkan di tahun berikutnya.
 
"Karena ini yang pertama kali, maka harus bisa sukses," ujar dia.
 
Direktur Festival untuk Kiram Arts Festival Yadi Muryadi menyampaikan, komitmen untuk menyukseskan penyelenggara ini hingga bisa mengangkat nama Kalsel dilevel nasional hingga internasional sebagai daerah yang mampu mencatat sejarah dengan kegiatan ini.
 
"Ini kebanggaan kita sebagai warga dan seniman di Kalsel, karena ini jadi peristiwa bersejarah sebagai event kesenian terbesar di Indonesia, sebab dihadiri seniman dari berbagai provinsi dan 20 negara di dunia," ungkapnya.
 
Dia pun berharap, pentas kolaborasi antara seniman lokal atau Kalsel dengan seniman dari berbagai provinsi di negeri ini hingga seniman mancanegara dapat menimbulkan efek yang besar bagi perkembangan kesenian di provinsi ini.
 
"Kami juga sangat berharap kegiatan ini didukung oleh masyarakat Kalsel, silahkan menonton, gratis, kita meriahkan Kiram Arts Festival ini," ujarnya.
 
Baca juga: Pemprov Kalsel sediakan angkutan gratis ke Kemah Bela Negara 2023

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023