Para seniman 20 negara dari Asia , Eropa hingga Afrika dipastikan hadir meramaikan gelar Kiram Arts Festival di Provinsi Kalimantan Selatan pada 8--12 November 2023.
 
Diungkapkan Ketua Panitia Penyelenggaraan Kiram Arts Festival, Yadi Muriyadi di Banjarmasin, Kamis, para peserta masing-masing dari mancanegara sudah menghubungi panitia mengkonfirmasi akan kehadiran.
 
Menurut dia, ada seniman sebanyak 20 negara yang sudah mengkonfirmasi hadir tersebut, yakni, dari Malaysia, Philipina, Kamboja, Thailand, Jepang, Hongkong, Taiwan, India, Zimbabwe, Ghana.
 
Selanjutnya, kata Yadi, dari Australia, New Caledonia, New Zealand, Inggris, Swedia, Italia, Jerman, Colombia dan Belanda.
 
"Para peserta mancanegara, mereka seniman terbaik di negaranya," ucap Yadi.
 
Tentunya, kata dia, gelar yang didukung Pemprov Kalsel dalam hal ini sangat didukung Gubernur H Sahbirin Noor, sangat apresiasi dan berterima kasih yang setinggi-tingginya atas partisipasi para seniman luar negeri, untuk memeriahkan gelar yang bertema "Bergerak melalui seni dan budaya".
 
Menurut dia lagi, kegiatan yang akan menampilkan berbagai kesenian, dari seni tari, seni musik, sastra, teater hingga seni lukis tersebut juga dipastikan diikuti para seniman terkemuka di berbagai provinsi di Indonesia.
 
"Karena nantinya ada juga kegiatan workshop, lokakarya, pameran dan lain sebagainya," ucap Yadi.
 
Kegiatan ini juga diikuti seniman lokal Kalsel dari 13 kabupaten/kota, hingga kesenian daerah Kalsel bisa diliat baik dari peserta nasional hingga internasional.
 
Menurut dia, sesuai harapan Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin, dengan kegiatan akbar ini, seni budaya Kalsel bisa terus eksis, selain ingin menunjukkannya ke dunia akan kayanya khazanah seni budaya Kalsel sebagai Babussalam.
 
Demikian juga sebagai bentuk pertukaran pengetahuan seni budaya antar provinsi hingga antar negara.
 
"Kami berharap dukungan masyarakat luas agar penyelenggaraan ini bisa sukses, karena membawa nama baik daerah dan negara," ucapnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023