Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad menghadiri sinergitas Inovasi SMK Negeri 1 Kandangan bersama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) HSS dalam revolusi hijau penanaman pohon.

Kegiatan ini ditujukan meningkatkan kesadaran akan kelestarian lingkungan bagi para siswa sekolah setempat serta rehabilitasi lahan di sekitar sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada SMK Negeri 1 Kandangan yang telah mewujudkan aksi nyata penanaman dan rehabilitasi lahan dengan penanaman pohon," kata wabup, Senin (14/3) kemarin.

Dijelaskan dia, menyambut baik kegiatan revolusi hijau penanaman pohon untuk meningkatkan kesadaran akan kelestarian lingkungan. bagi para siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kandangan yang diselenggarakan.

Baca juga: Wabup HSS bangga jadi bagian keluarga besar SMKN 2 Kandangan

Sebagaimana diketahui bersama bahwa berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel) Nomor 7 Tahun 2018, tentang gerakan revolusi hijau.

Gerakan revolusi hijau adalah aksi dalam rangka mengubah perilaku masyarakat secara cepat dan tepat untuk peduli pada kualitas lingkungan hidup, melalui kegiatan penanaman.

"Dengan menggunakan pendekatan yang melibatkan seluruh pemangku daya dukung daerah aliran sungai, dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan", katanya.

Ia berharap masyarakat dapat meningkatkan kecintaan juga kesadaran untuk melakukan gerakan revolusi hijau penanaman pohon, dan tidak sekedar semboyan semata.

Aksi nyata para siswa maupun seluruh warga SMK Negeri 1 Kandangan, nantinya agar tidak hanya dilaksanakan di lingkungan sekolah ini saja, tetapi hendaknya dapat juga diterapkan di lingkungan sekitar sekolah dan lingkungan rumah masing-masing.

Baca juga: Pemda siap bantu riset tokoh seniman dari Kandangan, Hamiedan AC

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel diwakili oleh Kepala UPT. KPH Hulu Sungai, Rudiono Herlambang, mengatakan penanaman pohon yang dilaksanakan nantinya akan didata kemudian diupload dalam aplikasi "Revolusi Hijau".

"Hal tersebut untuk mempermudah pengelolaan data revolusi hijau seperti data bibit masuk, data bibit keluar, data stok bibit, data dokumentasi kegiatan, data alat, sehingga ke depannya akan mempercepat pengeditan data, mempermudah pencarian data dan mempermudah dalam pembuatan laporan." katanya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kandangan, Samino, mengatakan semangat ini tentunya akan membentuk pribadi siswa dan siswi juga seluruh warga sekolah dalam mencintai lahan juga alam.

Ditambahkan dia, penanaman pohon bisa terus dilaksanakan, hingga pada akhirnya bisa memberikan dan merasakan manfaat bersama akan hijau dan asrinya alam Bumi Rakat Mufakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022