Sebanyak  20  orang penyandang  disabilitas mengikuti  pelatihan komputer "Microsoft Office", yang dilaksanakan secara kolaborasi antara ELTIBIZ Banjarmasin dan Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI), bertempat di di Jalan Belitung Laut, No 8, Banjarmasin.

Ketua DPD KOPI Banjarmasin, Dian Firdaus Yusuf, di Banjarmasin, Rabu (23/12), mengatakan pelatihan ini melanjutkan program The Empowerment of Disabilities yang sebelumnya di buka di Hotel Palm Banjarmasin.

"KOPI memberikan pelatihan Microsoft office mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 7 Januari 2021 mendatang," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, The Empowerment of Disabilities merupakan program pembinaan KOPI untuk para penyandang disabilitas di kota Banjarmasin, yang meliputi leadership training, microsoft office training, pelatihan menjahit, pelatihan memijat, cooking class hingga digital marketing.

 

Pelatihan komputer "Microsoft Office" untuk penyandang disabilitas di Kota Banjarmasin (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Syahruddin : Pemerintah daerah wajib bangun Unit Layanan Disabilitas

Pelatihan bertujuan untuk mempersiapkan SDM penyandang disabilitas yang lebih bagus sehingga mereka mampu  berdaya  dan  berusaha  di  tengah  krisis  multi  dimensi  akibat  pandemi COVID-19.

Bentuk ikhtiar bersama untuk mendukung Banjarmasin sebagai kota Inklusi, di saat pemerintah sudah berusaha menyiapkan infrastuktur, maka pihaknya akan membantu dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) menyambut itu, pelatihan terbatas sebab harus memenuhi protocol kesehatan COVID-19.

Manajer Cabang ELTIBIZ, Noor Sa’adah, mengatakan pihaknya sebagai rekan kerja sangat antusias dalam memberikan pelatihan aplikasi perkantoran kepada peserta didik.

"Kami berharap adanya pelatihan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi mereka  nanti di dunia kerja ataupun menjadi modal mereka berwirausaha," katanya.

Baca juga: Yayasan Pensil kampanyekan protokol kesehatan bagi disabilitas

Menurut dia, ELTIBIZ sangat terbuka dan semangat sekali untuk bisa menjadi bagian dari sebuah gerakan sosial, membantu mengembangkan SDM, serta turut ikut mengembangkan budaya kesetaraan di tengah masyarakat melalui kegiatan ini.

Setelah ini, pihaknya ingin terus  meningkatkan kerja sama dengan semua pihak dalam rangka memaksimalkan potensi anak bangsa, khususnya generasi muda di Kalimantan Selatan. 

Sementara itu, peserta kegiatan, Kohan Salah, mengatakan merasa bersyukur atas hadirnya kegiatan KOPI ini, ia berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan, serta dengan skill yang didapatkan mampu membuatnya mendapatkan pekerjaan yang baik.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020