Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mencegah stunting sejak dini melalui program beragam, bergizi, seimbang dan Alaman (B2SA) ke sekolah.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kita untuk menangani masalah stunting dengan mendorong konsumsi pangan yang memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak, sehingga mereka dapat hidup sehat, aktif dan produktif,” kata Staf Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Balangan Aisyah di Paringin, Rabu.

Baca juga: Ketua DPRD Balangan apresiasi kegiatan Gebyar Semarak Kemerdekaan

Aisyah menuturkan tujuan dari program B2SA Goes to School atau ke sekolah ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah untuk menciptakan generasi muda yang cerdas dan sehat kedepannya.

Aisyah menginginkan bahwa pihaknya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pola konsumsi B2SA kepada masyarakat sejak dini, sehingga pihaknya mengenalkan pola konsumsi ini dari anak-anak tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Selain itu, dia juga berharap kegiatan sosialisasi ini dapat mengedukasi masyarakat, sehingga tercipta pola konsumsi yang sehat dan bergizi dengan memanfaatkan pangan lokal.

Baca juga: E-TLE di Balangan mulai aktif besok, masyarakat diimbau taati aturan

Kemudian, ucapnya, kegiatan ini tidak hanya bersifat seremonial, tetapi anak-anak sejak dini memahami apa itu makanan sehat dan makanan B2SA serta dapat mengetahui dan menerapkan pola makan yang aman dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu salah satu guru SMP Negeri 1 Batumandi Harman Afandi mengungkapkan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran tentang konsumsi pangan sehat sejak dini.

Menurut Harman program ini sangat membantu terutama dalam memberikan pemahaman kepada siswa-siswi di SMP Negeri 1 Batumandi.

“Kami para guru juga mendapatkan pengetahuan tentang cara menyajikan makanan sehat dan cara mencegah adanya bahan kimia berbahaya pada makanan pada era sekarang," ujar Harman.

Harman juga turut mengimbau kepada para siswa untuk selalu menjalani hidup sehat dengan membawa bekal sendiri dari rumah dan aktif berolahraga.

Baca juga: Ribuan warga ikuti gebyar semarak Kemerdekaan RI di Balangan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024