Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK menyebutkan perekonomian provinsi setempat semakin meningkat melalui tiga pilar ekonomi utama, yaitu perdagangan, pariwisata dan investasi.

Supian menyatakan hal itu usai menghadiri acara Pamor Borneo 2024 yang mengusung tema "Innovative Pathways: Driving South Borneo Economic Development with Trade, Tourism, and Investment" di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Pamor Borneo 2024 BI percepat tumbuhkan ekonomi Kalsel

"Dengan tema Pamor Borneo 2024, kita berharap momentum ini merupakan momen yang sangat tepat dan strategis bagi Kalsel untuk mengangkat perekonomian melalui tiga pilar utama yakni perdagangan, pariwisata, serta investasi," ujar Supian.

Menurut dia. ada beberapa produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) unggulan yang tampil pada Pamor Borneo 2024, seperti "Sasirangan" (kain batik khas Banjar Kalsel), promosi wisata "Geopark Meratus" dan lainnya. 

"Kesemua yang ditampilkan tersebut merupakan inovasi terbaru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kalsel yang inklusif dan berkelanjutan.” tutur Supian.

Baca juga: Kalsel dan BI gelar Festival Antasari 2024

Sementara itu, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Agus Dyan Nur mengatakan kegiatan Pamor Borneo 2024 memberikan kesempatan emas bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk sekaligus memperluas akses pasar.

Untuk itu, Gubernur Kalsel mengajak Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies atau ASITA (Asosiasi Perjalanan Indonesia) Kalsel untuk bersama-sama mengembangkan destinasi wisata provinsi setempat khususnya Geopark Meratus.

"Meratus bukan hanya menyajikan keindahan alam, tetapi juga merupakan aset berharga yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi  Kalsel Fadjar Majardi berharap Pamor Borneo 2024 dapat secara nyata berkontribusi pada penguatan pengembangan perekonomian daerah, serta mendorong pariwisata berkelanjutan.

Selain itu, juga bisa meningkatkan peluang investasi di daerah sekaligus mengangkat citra budaya Kalsel dan Indonesia di tingkat Internasional.

Baca juga: Paman Birin hadiri Halal Bi Halal KBB Jawa Barat

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024