Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) secara resmi melepas puluhan atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Tapin untuk mengikuti gelaran Pekan Olahraga SOIna Daerah (PeSOda) tingkat Kalsel yang berlangsung di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada 21-23 Juni 2024.

“Kami telah melepas para atlet untuk berangkat mengkuti pertandingan ke HSS. Saya minta para atlet berjuang semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama Kabupaten Tapin,” kata Penjabat (Pj) Bupati Tapin M Syarifuddin usai melepas secara simbolis para atlet SOIna di Rantau, Tapin, Kamis.

Baca juga: Tapin luncurkan "Si Liyung" sebagai maskot Pilkada 2024

Dia meminta para atlet dan ofisial untuk memperhatikan kondisi kesehatan, utamanya para atlet agar tidak begadang sebelum pertandingan selesai karena akan mempengaruhi performa saat bertanding.

“Jaga fisik, utamakan kebugaran. Khususnya para atlet yang berkebutuhan khusus, tolong ofisial memperhatikan ini agar mereka bisa bertanding,” ujarnya.

Syarifuddin menekankan bagi para ofisial agar memberikan perhatian lebih kepada atlet yang memiliki kebutuhan khusus.

Baca juga: Pemkab Tapin kerahkan seluruh SDM capai target penurunan stunting 14 persen

Menurut dia, ofisial harus melakukan pendekatan khusus bagi mereka yang berkebutuhan khusus untuk menjaga stamina dan kebugaran para atlet agar tetap prima saat bertanding.

Yang lebih penting, kata dia, jangan sampai mereka tidak bisa bertanding hanya karena tidak diperhatikan kebutuhannya selama berada di Kabupaten HSS, termasuk hingga kepulangan ke Tapin setelah pertandingan berakhir.

“Saya minta mereka diperhatikan dengan serius agar bisa mengikuti pertandingan dengan maksimal,” ujar Syarifuddin.

Pada kegiatan pelepasan atlet SOIna itu, Pj Bupati Tapin didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tapin Sufiansyah, Ketua KONI Tapin Misran, dan Kepala Dispora Tapin Eko Haryono.

Baca juga: Pemkab Tapin sosialisasikan PHKS guna tingkatkan layanan SPBE

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024