Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) meluncurkan Si Liyung sebagai maskot pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Maskot Si Liyung merupakan nama kearifan lokal yang diambil dari nama Cabai Hiyung asli daerah yang merupakan salah satu cabai terpedas di Indonesia, kata Ketua KPU Tapin Fakhrian Noor usai peluncuran pemilihan bupati dan wakil bupati Tapin 2024 di Rantau, Tapin, Kamis.

Baca juga: Pemkab Tapin kerahkan seluruh SDM capai target penurunan stunting 14 persen

Ia menyebutkan peluncuran maskot pilkada sebagai salah satu kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat memberikan hak suaranya pada Pilkada 2024 yang berlangsung pada 27 November mendatang.

“Pada kegiatan peluncuran pilkada, kami mengundang seluruh mitra dan penyelenggara mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten. Juga hadir Bapak Penjabat (Pj) Bupati Tapin,” ujarnya.

Fakhrian menjelaskan terkait pemilihan karakter Cabai Hiyung sebagai maskot pilkada 2024, karakter ini menggambarkan kesan pedas yang berarti semangat membara untuk bekerja secara profesional dan penuh integritas serta konsisten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, juga menekankan kepada peserta pilkada untuk selalu menaati setiap aturan yang diberlakukan oleh pihak penyelenggara pilkada baik saat kampanye maupun pada saat pencoblosan pada 27 November.

Baca juga: Pemkab Tapin sosialisasikan PHKS guna tingkatkan layanan SPBE

Melalui peluncuran pilkada, Fakhrian berharap partisipasi pemilih meningkat atau bahkan lebih dari 93,3 persen seperti capaian pada pemilu 2024 yang berlangsung pada April lalu.

Sementara itu, Pj Bupati Tapin Syarifuddin berharap setelah pelaksanaan peluncuran pilkada, masyarakat semakin tertarik dan antusias untuk memilih kepala daerah pada November mendatang.

Menurut dia, kegiatan peluncuran merupakan bagian dari sosialisasi untuk memberikan informasi serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi.

“Kami berharap pilkada berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Ayo berbondong-bondong ke TPS untuk memilih calon pemimpin sesuai hati nurani masing-masing,” ujar Syarifuddin.

Baca juga: Pemkab Tapin hibahkan lahan ke BWS Kalimantan III untuk bangun irigasi

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024