Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta PT Arutmin Indonesia, sebuah perusahaan pertambangan batu bara lebih meningkatkan pengelolaan lingkungan.

Sekretaris Komisi III yang juga membidangi Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Perhubungan, Permukiman dan Lingkungan Hidup H Gusti Abidinsyah mengemukakan permintaan itu, Jumat sesudah memantau ke perusahaan pertambangan batu bara tersebut.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel tegaskan berantas narkoba perlu kolaborasi

Permintaan tersebut sehubungan dengan empat penghargaan hijau dan biru atas hasil Proper, yang merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Hasil Proper tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah atas kinerja perusahaan pertambangan pada aspek penaatan terhadap regulasi dan  pengelolaan lingkungan hidup dengan baik.

Perusahaan pertambangan batu bara pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B)  tersebut beroperasi di wilayah Kabupaten Tanah Laut (Tala) Kintap dan Asam Asam, Satui Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), serta Kabupaten Kotabaru seperti Sanakin.

Baca juga: Legislator: P4 masih mendapat tempat di hati masyarakat Kalsel

Oleh karena itu, Komisi III Kalsel akan terus mendorong perusahaan pertambangan tersebut  untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang ada di sekitar tambang.

“Peringkat pengelolaan lingkungan yang sudah didapat hendaknya ditingkatkan lagi untuk meraih predikat sebagai perusahaan yang mendapat penghargaan Proper emas” ujar Gt Abidinsyah.

Mantan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar Kalsel itu juga berharap, keberhasilan tersebut dapat memberi contoh yang baik bagi pengelola tambang yang lain.

"Mudah-mudahan ke depan perusahaan pertambangan batu bara 'site' (lapangan) Satui Tanbu bisa mendapatkan predikat Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia," demikian Gt. Abidinsyah.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel imbau masyarakat tidak glamor sambut 2024
 
Rombongan Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan saat kunjungan ke PT Arutmin Indonesia Site Satui (sekitar 225 km tenggara Banjarmasin,) Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (28/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)
 

Sementara itu Head office PT Arutmin Indonesia Satui Dhangku Putra Wijaya Purwanto menyampaikan bersyukur sekaligus bangga di penghujung 2023 kembali menerima penghargaan nasional dari Kementerian LHK.

“Alhamdulillah kita mendapatkan lima Proper hijau Nasional 2022 dan juga dua Proper biru tahun 2023. Mudah-mudahan ke depan mendapat Proper Emas,” ujarnya saat menerima kunjungan Komisi III DPRD Kalsel, Kamis kemarin.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023