Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai kabupaten sangat inovatif pada penghargaan Innovative Government Award 2023.

Kemendagri menyerahkan penghargaan tersebut kepada Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara Zakly Asswan di Gedung Sasana Bhakti Praja, Jakarta, Selasa kemarin.

Baca juga: Guru asal Hulu Sungai Tengah terima penghargaan dari Presiden Jokowi

“Mendagri telah memberikan penilaian inovasi daerah melalui program Innovation Government Award,” kata Zakly di Hulu Sungai Utara, Kalsel, Rabu.

Ia menyebutkan penghargaan itu berkat kerja keras Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab HSU yang terus memberikan gagasan dan inovasi untuk pembangunan daerah.

“Saya berharap ASN semakin termotivasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, efektif, serta efisien,” ucapnya.

Zakly mengatakan setelah meraih penghargaan itu, pemerintah daerah berkomitmen meningkatkan predikat dari kabupaten sangat inovatif menuju kabupaten terinovatif.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten HSU Haridi mengatakan setiap daerah wajib melaporkan inovasi per tahun ke Mendagri.

Baca juga: Pemkab HST beri penghargaan kepada guru di HUT Ke-78 PGRI

Dia menuturkan hal itu sesuai dengan amanat dalam Undang Undang RI Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Pemkab HSU melaporkan total 45 inovasi periode 2023, catatan itu mengantarkan daerah tersebut sebagai daerah sangat inovatif berdasarkan hasil penilaian Kemendagri.

Haridi mengungkapkan capaian itu mengalami peningkatan dibanding dua periode tahun lalu, yakni pada 2022 predikat inovatif, lalu pada 2021 dengan predikat kurang inovatif.

“Kemendagri juga memberikan penghargaan berupa dana insentif daerah kepada daerah yang meraih kabupaten/kota paling inovatif,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab HST terima penghargaan "Jawara Belajar" dari Kemendikbudristek

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023