Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima penghargaan "Daerah Jawara Belajar id" untuk bidang pendidikan kategori kabupaten dan kota dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Anugerah Kihajar 2023.

“Kabupaten Hulu Sungai Tengah baru saja mendapatkan penghargaan Anugerah Kihajar 2023 sebagai Daerah Jawara Belajar id, penghargaan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah mendukung percepatan transformasi digitalisasi pendidikan di daerah,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu.

Baca juga: Pemkab HST raih penghargaan pengadaan barang jasa terbaik se-Kalsel

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Suharti menyerahkan secara langsung penghargaan kepada Bupati HST Aulia Oktafiandi di Jakarta, pada Jumat (17/11).

“Kabupaten Hulu Sungai Tengah menjadi bagian dari 10 kabupaten dan kota se-Indonesia yang menerima penghargaan Daerah Jawara Belajar id,” ucapnya.

Selain untuk 10 kabupaten dan kota, penghargaan Jawara Belajar id juga diberikan kepada 10 provinsi terbaik se-Indonesia.

Ia menyebutkan pencapaian tersebut tidak terlepas dari upaya seluruh pihak ikut serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sebagai upaya transformasi pembelajaran khususnya platform teknologi prioritas Kemendikbudristek.

Baca juga: BAZNAS HST raih penghargaan distribusi terbaik se-Kalsel 2023

Menurut dia, penghargaan itu secara tidak langsung memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Aulia memberikan apresiasi kepada lembaga pendidikan setempat dan lembaga terkait beserta seluruh tim yang berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan hingga ke daerah pelosok di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HST Muhammad Anhar mengatakan pemanfaatan teknologi yang strategis dan tepat guna dalam pendidikan merupakan kunci untuk membangun kembali kualitas pendidikan.

Menurut dia, hal itu mendorong terbentuknya pembelajaran yang menyenangkan bagi pelajar, dan secara tidak langsung berdampak positif terhadap peningkatan kualitas penjaminan mutu pendidikan dan SDM, khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca juga: 674 ASN Pemkab HST terima penghargaan saat HUT Ke-78 RI

Pemkab HST telah beradaptasi atas pelaksanaan pemanfaatan teknologi yakni transformasi digitalisasi pembelajaran dalam rangka pencapaian visi dan misi strategis yang ditargetkan pemerintah setempat, yakni peningkatan SDM.

Visi dan misi itu sejalan dengan dengan program Kemendikbudristek RI dalam pemanfaatan akun belajar id, chromebook, dan platform teknologi lainnya, sehingga Kabupaten Hulu Sungai Tengah ditetapkan sebagai 10 besar kabupaten dan kota yang menerima penghargaan Daerah Jawara Belajar id pada 2023.

“Penghargaan ini adalah batu loncatan kami bersemangat dalam mengawal percepatan digitalisasi pembelajaran di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” ujar Anhar.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten HST dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas kesehatan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023