Universitas Lambung Mangkurat (ULM) memfasilitasi alumni Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) untuk bisa berkarier di TNI-Polri melalui jalur perwira karier yang selama ini masih minim peminat dari para dokter gigi asal Kalimantan Selatan atau Pulau Kalimantan.

"Padahal institusi TNI-Polri sendiri sangat terbuka dan berharap lebih banyak dari alumni ULM bisa mendaftar setiap ada seleksi penerimaan perwira karier, makanya hal ini terus kami dorong," kata Dekan FKG ULM Prof drg. Maharani Laillyza Apriasari di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: ULM cetak 439 dokter gigi dukung pembangunan kesehatan di Kalimantan

Diakui dia, saat ini hanya satu alumni FKG ULM menjadi perwira karier TNI, yaitu drg. Ihsan yang bertugas di TNI Angkatan Udara.

Padahal, Maharani mengungkapkan ULM telah mencetak 491 dokter gigi sejak Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran ULM yang mulai beroperasi pada 22009,  kemudian berubah menjadi Fakultas Kedokteran Gigi pada 2015.

Bahkan, hingga kini ULM menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri (PTN) di Pulau Kalimantan yang memiliki FKG.

Baca juga: ULM cetak 394 dokter gigi mengabdi di Kalimantan Selatan

Maharani pun memastikan alumni dokter gigi  ULM memiliki kualitas setara dengan PTN terkemuka di Pulau Jawa berakreditasi A yang dikantongi ULM dengan rata-rata lulusan mendapat predikat pujian dan predikat sangat memuaskan.

Seperti halnya, sebanyak 32 orang dokter gigi dikukuhkan dengan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,00 pada pengambilan sumpah dokter gigi angkatan ke-33 FKG ULM.

Maharani pun menyarankan para lulusan FKG bisa melanjutkan studi strata dua (S2) atau spesialis sembari bisa memberikan pengabdian untuk bangsa dan negara guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Baca juga: FKG ULM kini jadi fakultas diminati

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023