Universitas Lambung Mangkurat (ULM) hingga kini telah berhasil mencetak sebanyak 439 dokter gigi untuk mendukung pembangunan kesehatan di Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya dan pulau Kalimantan secara umum.

"Lulusan dokter gigi ULM memang tersebar bertugas di penjuru Kalimantan karena menjadi satu-satunya Fakultas Kedokteran Gigi yang ada pulau ini," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel tekankan peningkatan mutu pendidikan

Diakui dia, Indonesia khususnya wilayah Kalimantan sangat membutuhkan kontribusi dari para dokter gigi dalam mewujudkan pembangunan bangsa menuju masyarakat yang sehat.

Oleh karena itu, ULM mendirikan Program Studi Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran ULM pada 2009 yang kemudian 2015 menjadi Fakultas Kedokteran Gigi sebagai fakultas ke-11 di lingkungan ULM.

Alim menyebut kala itu muncul keprihatinan sulitnya masyarakat lokal di Kalimantan menjadi abdi Negara seperti anggota TNI-Polri dikarenakan terkendala rusaknya gigi para pemudanya.

"Namun sekarang dengan terpenuhinya tenaga dokter gigi alumni ULM yang secara konsisten terus mencetak lulusan, alhamdulilah layanan kesehatan gigi dan mulut kini semakin optimal," ungkapnya.

Baca juga: ULM bina warga pasarkan anyaman purun lewat laman
 
Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri memberikan ucapan selamat kepada para dokter gigi angkatan 32. (ANTARA/Firman)


Sementara Dekan FKG ULM Prof drg Maharani Laillyza Apriasari mengatakan lulusan FKG sudah menginjak pada angkatan ke-32 dengan terakhir pengambilan sumpah dokter gigi  sebanyak 28 orang pada akhir Agustus 2023.

Bahkan dari 28 dokter gigi yang dikukuhkan, 24 di antaranya lulus tepat waktu dengan 12 lulusan mendapat predikat pujian dan 12 lulusan mendapat predikat sangat memuaskan. 

"Ini menjadi kebanggaan FKG ULM sebagai bukti komitmen kami terus berupaya meningkatkan kualitas SDM lulusan," katanya.

Baca juga: Sekdakab Tanah Laut: SKPG bentuk investasi sumber daya manusia

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023