Polresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) memfasilitasi sebanyak 155 pasangan untuk mengikuti kegiatan “Nikah Massal Presisi Baiman” yang akan digelar di Siring Balai Kota Banjarmasin, pada Selasa (5/12).

“Kegiatan nikah massal ini adalah salah satu kegiatan bakti sosial dari Polri, kami bekerja sama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin,” kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: Polresta Banjarmasin musnahkan sabu-sabu dari tangkapan 12 tersangka

Ia menyebutkan dari 155 pasangan itu di antaranya terdiri dari 52 pasangan nikah KUA, dan 103 pasangan sidang isbat nikah.

“Peserta nikah massal ini kami fasilitasi untuk pengajuan sidang permohonan pengesahan nikah ke pengadilan agar dinyatakan sah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” ucapnya.

Sabana menjelaskan kegiatan nikah massal adalah bentuk kehadiran Polri bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya bagi pasangan yang sudah menjalani pernikahan secara agama tetapi belum terdaftar secara resmi di pengadilan.

Baca juga: Polresta Banjarmasin bekuk tiga pemuda bertransaksi narkotika di Banjar

Kapolresta mengatakan seluruh peserta nikah massal tidak dipungut biaya karena sudah di fasilitasi mulai dari tahap persiapan hingga pada saat acara pernikahan dan tercatat di lembar negara.

Sebelumnya, ada 300 pasangan yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan nikah massal. Namun, ada 145 pasangan yang tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan, salah satunya yakni adanya peserta yang tidak memiliki akta dan sudah beberapa kali menikah sehingga terkendala persyaratan administrasi dan dinyatakan gagal sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan KUA dan Kemenag setempat.

Kendati demikian, Polresta Banjarmasin masih membuka kesempatan bagi peserta yang gagal pada tahap verifikasi untuk mendaftar kembali di kegiatan nikah massal berikutnya pada 2024 mendatang.

“Doakan semoga kegiatan nikah massal ini berjalan lancar sesuai dengan rencana kami,” ujar Sabana.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin ingatkan personel tak hadiri undangan parpol

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023