Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (Kabag Humas KSOP) Banjarmasin, Kalimantan Selatan Deni Hendra Mulyadi mengatakan pihaknya memastikan keamanan bagi pemudik yang menggunakan jalur laut di Banjarmasin.

“Keamanan pemudik jalur laut terutama di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin kita pastikan dalam kondisi aman dan kondusif,” ucap Deni di Banjarmasin, Sabtu malam.

Baca juga: KSOP Banjarmasin siagakan dua kapal patroli jaga alur pelayaran selama mudik

Hingga H-7 Lebaran 2023, Deni menuturkan keadaan pemudik jalur laut terbilang sesuai harapan dan tidak ditemukan tindakan kriminal.

Deni menyebutkan pihaknya telah mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan keamanan dengan menyiagakan personel selama 24 jam untuk memastikan situasi tetap kondusif.

Deni mengatakan anggota TNI dan Polri merupakan petugas yang sangat dibutuhkan dalam menjaga keamanan lingkungan pelabuhan.

“Kita bekerja sama dengan beberapa instansi, masing-masing instansi memiliki fungsi,” ucap Deni.

Termasuk antisipasi terhadap cuaca di pelabuhan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Saat terjadi cuaca ekstrim menjelang keberangkatan kapal, Deni menuturkan pembatalan berlayar akan dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan BMKG.

Baca juga: Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 di Pelabuhan Trisakti beroperasi 32 hari

Tak hanya BMKG, Deni menuturkan pihak Basarnas juga dilibatkan dalam pengawasan angkutan laut saat arus mudik lebaran.

Menurut Deni, peran Basarnas cukup penting sebagai ujung tombak ketika musibah terjadi di lapangan.

Ia berharap agar seluruh petugas dapat bekerja maksimal dalam melayani masyarakat pada mudik lebaran tahun ini.

Tak hanya itu, pihaknya yang merupakan koordinator Angkutan Laut Lebaran juga memberikan cara mudik aman bagi penumpang jalur laut.

Ia mengimbau para pemudik agar tidak menggunakan perhiasan mencolok, menjaga barang pribadi dan membeli tiket jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

Pos Koordinasi (Posko) Angkutan Laut Lebaran 2023 melibatkan sembilan instansi di lingkungan Kota Banjarmasin yakni, KSOP sebagai koordinator, TNI, POLRI, Dishub, Navigasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Basarnas, Polairud dan Pelindo.

Baca juga: KSOP Banjarmasin integrasikan Inaportnet dan Taboneoport

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023