Posko TNI Angkutan Laut Lebaran 2023 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, beroperasi selama 32 hari sejak 7 April-8 Mei 2023.

"Kesiapsiagaan pelayanan angkutan Lebaran memang lebih awal dibuka untuk mengantisipasi arus mudik dari masyarakat yang memilih pulang kampung lebih cepat," Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: KSOP Banjarmasin integrasikan Inaportnet dan Taboneoport

Agustinus juga menuturkan lima armada kapal melayani arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan total kapasitas angkut 2.447 penumpang dan 438 unit kendaraan.

Agustinus menyebut semua armada kapal sudah dilakukan uji petik dengan hasil laik laut untuk berlayar rute dari Banjarmasin ke Surabaya.
Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun menyematkan pita tanda pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran. (ANTARA/Firman)

Adapun lima kapal jenis roll-on/roll-off atau (Ro-Ro) itu dioperasionalkan dua operator, yaitu PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang mengerahkan dua kapal yakni KM Dharma Rucitra I kapasitas penumpang 663 jiwa dan 70 unit kendaraan serta KM Dharma Kartika IX kapasitas penumpang 598 jiwa dan 98 unit kendaraan. 

Kemudian, PT Berlian Lautan Sejahtera mengoperasikan tiga kapal, yaitu KM Mila Utama kapasitas penumpang 420 jiwa dan 115 unit kendaraan, KM Niki Barokah kapasitas penumpang 409 jiwa dan 105 unit kendaraan serta KM Hai Da dengan kapasitas penumpang 357 jiwa dan 50 unit kendaraan.

Agustinus memperkirakan jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2023 akan meningkat sekitar 16,5 persen dibanding 2022 yang mencapai jumlah penumpang yang mudik ke Surabaya 18.090 orang dan arus balik ke Banjarmasin mencapai 22.690 orang.

Baca juga: Petugas pandu disanksi akibat tabrakan kapal milik DLU 
Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun berfoto bersama semua unsur yang terlibat Posko Angkutan Laut Lebaran. (ANTARA/Firman)

Sedangkan untuk puncak arus mudik diprediksi pada H-3 atau 19 April serta untuk puncak arus balik diprediksi pada H+3 atau 26 April 2023.

Agustinus memimpin apel pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 di dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin hari ini.

Usai apel, dia meninjau gedung terminal seluas 2.000 meter persegi dengan kapasitas daya tampung 1.000 penumpang untuk ruang tunggu sebelum keberangkatan kapal.

Baca juga: KSOP Banjarmasin optimalkan layanan mudah dan cepat melalui aplikasi Siska  

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023