Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin menyiagakan dua kapal patroli untuk pengawasan keselamatan dan keamanan  dalam menjaga alur pelayaran selama arus mudik Lebaran tahun ini di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Dua kapal negara, yaitu KNP 363 dan KNP 5222, siap siaga berpatroli dalam wilayah lalu lintas kapal yang melayani penumpang arus mudik," kata Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Kamis.

Dijelaskan dia, kehadiran kapal patroli diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi lalu lintas pelayaran, baik laut lepas di Laut Jawa maupun ketika memasuki Sungai Barito dari muara hingga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Selain mencegah gangguan keamanan yang mengancam pelayaran, KSOP juga memastikan kapal yang berlayar laik laut melalui uji petik terhadap semua armada angkutan arus mudik tahun ini dengan rute Banjarmasin ke Surabaya.

Terdapat lima kapal yang dioperasionalkan dua operator yaitu PT Dharma Lautan Utama (DLU) sebanyak dua kapal dan PT Berlian Lautan Sejahtera tiga kapal untuk melayani arus mudik.

Untuk upaya mitigasi jika terjadi lonjakan penumpang yang tidak dapat diakomodasi oleh operator kapal swasta, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin juga menyiagakan dua kapal negara yaitu KN Altair dan KN Kunyit sebagai kapal cadangan pengangkut penumpang.
 
KSOP Kelas I Banjarmasin menggelar apel pembukaan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2023. (ANTARA/Firman)


Agustinus menyatakan sebanyak 187 personel dari 11 instansi disiagakan mendukung kelancaran angkutan laut pada arus mudik di momen menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Posko Terpadu pun didirikan di gedung terminal Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang  dibuka selama 32 hari terhitung mulai 7 April hingga 8 Mei 2023 mendatang.  

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023