Salah satu kontestan yang akan meramaikan bursa calon kepala daerah pada Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Abu Yazid Bustami (AYB) menyatakan, mantap maju dalam pemilihan kepala daerah Hulu Sungai Tengah melalui jalur independen.

Menurut Yazid, tekadnya untuk mengikuti bursa Pilkada HST, karena banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat dari berbagai daerah di HST agar dia maju dalam Pilkda kali ini.

Selain itu, tambah Yazid, bahwa melalui gagasan yang baik untuk pembangunan dan kemajuan daerah,  dia ingin merebut kepercayaan masyarakat untuk bisa memimpin dan mengabdi kepada daerah,.

"Saya percaya, uang bukanlah segalanya untuk bisa merebut kepercayaan masyarakat. Selama ini banyak yang menilai, untuk menjadi pejabat publik baik itu egilatif maupun kepala daerah, membutuhkan dana  besar dan harus kaya. Jadi saya mencoba maju di jalur independen (nonpartai) kada baduduitan (tanpa duit)," kata ASN yang sekarang menjabat sebagai Kepala Disdukcapil HST itu saat diwawancarai di Kantornya, Selasa (20/8).

Baca juga: Momentum harjad hendaknya dijadikan inspirasi untuk membangun banua

Yazid mengatakan,  sangat percaya kepada masyarakat, mereka sudah cerdas dan tidak selamanya suara mereka harus selalu dibeli dengan uang.

"Memang saat ini ada sedikit dari kawan-kawan birokrasi kita yang membantu dengan ikhlas dan mendorong untuk maju," katanya.

Menurutnya, yang menjadi penyemangat justru datang dari masyarakat sendiri, yang terkadang banyak warga jauh-jauh datang dari gunung ke rumah hanya untuk menyerahkan dukungan berupa fotocopy KTP.

Baca juga: Anak-anak di HST ini kibarkan merah putih di dalam Gua

"Tim kita juga sudah terbentuk dan tersebar di seluruh Kecamatan serta sebagian desa di HST untuk mengumpulkan KTP. Mereka bekerja bukan sekedar mengumpulkan KTP tapi juga menanyakan apakah benar-benar ikhlas mendukung kita," kata mantan aktivis kemahasiswaan dan kepemudaan tersebut.

Jadi diterangkannya, saat verifikasi faktual nanti, Dia tidak perlu kwatir lagi karena yang punya KTP memang benar-benar mendukungnya, tidak fiktif seperti kebiasaan calon-calon independen lainnya.

Baca juga: Veteran pejuang di HST dapat santunan

"Setiap hari, ada 50 sampai 100 copy KTP yang masuk kepada kita, baik yang diserahkan oleh tim maupun warga yang secara mandiri datang ke rumah," katanya.

Ditambahkannya, secara tidak langsung, 80 persen warga HST sudah mengenal Abu Yazid Bustami, setidaknya tau nama karena selalu tertera jika mereka mengurus Kartu Keluarga, KTP, maupun KIA.

Baca juga: Video-Semarak HUT RI ke-74 warga Pegunungan Meratus

"Saat ini kita memang fokus mengumpulkan dukungan kurang lebih 19-20 ribu KTP atau 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) HST yaitu sekitar 190 ribu Pemilih," katanya.

Lulusan Fakultas Hukum, Universitas Lambung Mangkurat itu mengatakan, saat ini memang tidak bisa bergerak terlalu leluasa, karena masih berstatus sebagai ASN dan sisa jabatan sekitar lima tahun lagi.

Baca juga: Bupati HST telah serahkan surat dua nama cawabup ke DPRD HST

Dia menyatakan akan bersikap dan pengajukan pensiun dini jika dukungan telah terpenuhi yang ditargetkan akhir bulan Oktober. Jika masih belum cukup maka diperpanjang sampai Januari.

"Kita juga tidak menutup diri jika nantinya suatu saat partai politik memberikan dukungan dan mengusung kita. Kita terbuka dan menerimanya," kata mantan Plt Sekretaris Daerah Pemkab HST Tahun 2016 tersebut.

Baca juga: Atlet tinju HST berhasil raih medali emas

ASN yang pernah menjadi pimpinan tidak kurang dari 10 SKPD ini juga menyampaikan, optimis maju sebagai calon Bupati HST, namun jika tim dari ulama menghendaki untuk kita posisi nomor 2 atau hanya wakil, juga tidak masalah. Ataupun mereka menginginkan kita tidak maju, juga tidak masalah dan itulah sudah keputusan ulama.

"Kalau masalah visi misi kita ke depan, jelas yang utama adalah apa yang menjadi mayoritas keinginan masyarakat," kata pria kelahiran 26 januari 1964 tersebut.

Selain AYB, ternyata dari kalangan birokrasi juga mulai menyeruak nama H Akhmad Tamzil yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab HST yang terus masuk pollingkita.com dan selalu menempati posisi pertama Bakal Calon Bupati HST.

Baca juga: Tamzil ajak para seniman majukan seni dan budaya di HST
Baca juga: Sekda HST lepas Mapala yang berangkat ke gunung Halau-Halau
Baca juga: Sekda Tamzil inginkan generasi muda warisi semangat juang 45
Baca juga: Paskibraka HST dikukuhkan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019