Ada yang menarik dari sekian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74, diantaranya adalah anak-anak di Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Sabtu (17/8).

Mereka melakukan pengibaran bendera merah putih di dalam sebuah danau yang memiliki gua di dalammnya. Yaitu di objek wisata Gua Limbuhang.

Baca juga: Video-Semarak HUT RI ke-74 warga Pegunungan Meratus

Bersama para pengelola objek wisata, anak-anak yang rata-rata masih duduk di bangku SD itu melakukan upacara layaknya apel penaikan bendera.

Sebagian menggunakan perahu karet dan sebagian lagi berada di tebing.

Baca juga: Veteran pejuang di HST dapat santunan

Dengan suasana sejuk dan begitu dingin di dalam sebuah danau, menambah khitmad pelaksanaan pengibaran bendera yang saat itu juga banyak dihadiri para pengunjung.

Pengelola Goa Limbuhang, Muhammad Rosyadi menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya menumbuhkan semangat keberanian para pahlawan kepada anak-anak yang memang mereka itu jadi binaan kita.

Baca juga: Ini pesan Bupati HST saat menjadi inspektur upacara HUT RI

"Mereka sangat antuasias mengikuti dan kegiatan ini juga sebagai sarana meningkatan kecintaan terhadap tanah air," katanya seraya mengungkapkan objek wisata yang dibangunnya sejak Tahun 2018 itu telah dikunjungi wisatawan dari luar negeri.

Pihaknya juga terus berbenah dalam memberikan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Disamping menawarkan wisata gua di tengah danau, sekarang juga tersedia wisata susur sungai dan kolam renang serta penambahan spot-spot foto yang kekinian.

Baca juga: Dandim 1002 Barabai menjadi Inspektur upacara penurunan bendera

Salah seorang pengunjung dari Banjarmasin, Jannah bersama dua temannya menyampaikan, objek wisata Gua Limbuhang sangat menarik dikunjungi baik bersama teman-teman maupun keluarga.

"Disamping spot fotonya bagus-bagus, fasilitas untuk kenyamanan pengunjung juga sudah lengkap seperti WC, ruang ganti, moshalla dan pendopo untuk bersantai," katanya.

Berikut video di objek wisata limbuhang :

https://youtu.be/ISuKrgVT600

Baca juga: Pemuda Panca Marga HST napak tilas kenang pahlawan
Baca juga: Syukuri kemerdekaan RI, Pemkab HST gelar shalat hajat
Baca juga: Sekda HST lepas Mapala yang berangkat ke gunung Halau-Halau

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019