Ketua umun Dewan Kesenian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (DKK HST) H Akhmad Tamzil berpesan kepada seluruh seniman, pegiat seni dan budayawan, agar terus berkreasi dan berupaya menggapai prestasi puncak untuk kemajuan seni dan budaya di Bumi Murakata.

"Melihat berbagai prestasi di bidang seni dalam beberapa bulan ini, saya sangat berbangga dan mengapresiasi kepada para seniman HST atas raihan tersebut, yang tentunya turut mengharumkan banua," katanya Kamis, (15/08) di Barabai.

Pria yang merupakan pemain band di masa mudanya itu menuturkan, pada event konser karawitan anak nasional yang lalu para seniman cilik HST turut serta mewarnai diajang tersebut, juga pada gelar tari remaja nasional bulan Juli lalu.

Selain itu, Penari asal HST juga mewakili Provinsi Kalsel bersaing dengan penari dari seluruh provinsi di Indonesia. Pada ajang FLS2N, di bulan September nanti, seniman HST juga bakal mewakili Kalsel untuk berlomba di tingkat Nasional  yang berlangsung di Provinsi Lampung yaitu dari bidang teater, gitar solo dan seni kriya.

Baca juga: 16 seniman Tabalong masuk sekolah

"Masyarakat HST patut berbangga karena para senimannya bisa mengangkat marwah daerah dengan menjuarai berbagai event di tingkat Provinsi Kalsel, sehingga bisa mewakili ke event nasional," ungkapnya.

Seniman yang jago nyanyi ini menambahkan, bahwa di bidang sastra, para sastrawan HST juga cukup berjaya dengan beberapa kali menjuarai lomba cipta puisi di tingkat Provinsi Kalsel, sehingga di bulan depan nantinya salah satu sastrawan juga akan mengikuti event tingkat nasional di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, serta diikuti oleh berbagai prestasi di bidang seni lainnya.

Menurutnya, perkembangan seni di HST mulai bangkit dan mulai menjadi pusat perhatian, karena di beberapa ajang tingkat Provinsi Kalsel, seniman asal Desa Barikin selalu diundang sebagai bintang tamu di berbagai pagelaran seni dan budaya.

Ditambah juga dari bidang seni religi yang baru-baru tadi diundang langsung oleh Paman Birin untuk menampilkan syair maulid habsy pada puncak peringatan hari jadi ke 69 Prov. Kalsel, dan seni beladiri tradisional (kuntau) yang ikut memeriahkan pada ajang festival kayutangi di Banjarmasin serta berbagai bidang seni lainnya.

Baca juga: 63 daerah selenggarakan gerakan seniman masuk sekolah

Selama menakhodai DKK, pria humoris yang menjabat Sekda HST ini juga mengatakan, bersama para seniman lainnya, dirinya semampunya akan siap mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya dan kesenian yang merupakan warisan leluhur di Bumi Murakata, sehingga  bisa lebih dikenal lagi.

"Barikin merupakan ujung tombak seni dan budaya di kalsel yang merupakan warisan dari kerajaan Negara Dipa, tentunya sebagai kiblat seni dan budaya di kalsel, bisa menjadi modal bagi kita semua untuk bahu-membahu dan memberdayakan setiap potensi yang dimiliki dalam upaya pelestarian seni dan budaya khususnya  di HST, agar lebih maju dan berkembang lagi," ajaknya.

Baca juga: Seniman di Tulungagung kembangkan membatik menggunakan daun

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019