Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), menggelar peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-69 Provinsi Kalsel 2019, Senin (19/8) di halaman Kantor Bupati setempat.

Upacara diikuti seluruh ASN lingkup Pemkab HST dan  bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati HST H A Chairansyah. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila dan sejarah singkat Hari Jadi Provinsi Kalsel.

Baca juga: Video-Semarak HUT RI ke-74 warga Pegunungan Meratus

Bupati membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang mengharapkan, momentum harjad hendaknya dijadikan inspirasi untuk membangun banua secara bersama.

Sesuai tema Harjad "Barakat Tugul, Banua Unggul" Ia mengajak seluruh jajaran pemerintahan, lapisan masyarakat dan seluruh komponen untuk terus bergerak dengan rajin, giat dan fokus sesuai peran dan fungsi masing-masing demi mencapai keberhasilan pemerintahan dan pembangunan yang lebih baik di Kalsel.

Baca juga: Anak-anak di HST ini kibarkan merah putih di dalam Gua

"Dalam bidang apa pun, tiada kata sukses atau berhasil jika kita tidak rajin, tidak fokus dan tidak giat. Jika tugul dalam melakukan sesuatu, insyaallah keberhasilan akan didapatkan. Dengan barakat tugul kita menatap ke depan dengan rasa percaya diri, optimis dan yakin untuk mewujudkan Kalsel Mapan,” ungkapnya.

Saat ini, menurutnya, pihaknya bersama seluruh jajaran pemprov dan kabupaten/kota mampu mencapai hasil pembangunan yang cukup menggembirakan, di antaranya ekonomi tumbuh positif dan stabil, ketahanan pangan semakin mantap, menurunnya angka kemiskinan, berkembangnya sektor pariwisata serta berbagai infrastruktur yang terus dibangun.

Baca juga: Veteran pejuang di HST dapat santunan

"Insyaallah bulan Oktober nanti pengembangan bandara Syamsudin Noor juga akan selesai dan akan menjadi satu di antara bandara di Indonesia yang termegah dan terbaik dengan bahan bertarap internasional," ungkapnya.

Di samping itu, lanjutnya, fasilitas-fasilitas untuk kepentingan publik terus dibangun dan tingkatkan. Sekarang masyarakat sudah bisa menikmati Bus RAPID Transit (BRT).

Dikatakannya, sarana transportasi umum yang nyaman dan murah ini akan memudahkan masyarakat yang ingin bepergian dari Banjarmasin ke Banjarbaru atau sebaliknya.

Baca juga: Ini pesan Bupati HST saat menjadi inspektur upacara HUT RI
Baca juga: Dandim 1002 Barabai menjadi Inspektur upacara penurunan bendera
Baca juga: Sekda HST lepas Mapala yang berangkat ke gunung Halau-Halau

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019