Moment HUT kemerdekaan RI selalu dilaksanakan dengan penuh suka cita oleh seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, begitupun halnya dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berhasil berjuang merebut kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten HST memberikan santunan kepada empat orang pejuang veteran yang ada di HST, Sabtu (17/8).

Baca juga: Ini pesan Bupati HST saat menjadi inspektur upacara HUT RI

Bupati HST HA Chairansyah melalui Asisten I Bidang pemerintahan HST, H Ainur Rafiq menyerahkan secara langsung santunan kepada dua orang pejuang veteran Antamas dan Mugni Utuh usai pelaksanaan upacara peringatan HUT RI di Kantor bupati setempat.

Menurut Ainur Rafiq, untuk dua orang veteran lainnya karena dengan alasan tidak kuat berjalan lagi, usai upacara peringatan berakhir santunannya diantar langsung oleh staf bagian pemerintahan ke kediaman mereka masing-masing.

Baca juga: Dandim 1002 Barabai menjadi Inspektur upacara penurunan bendera

"Dikarenakan sudah uzur, untuk pejuang veteran bapak Husin Amit (91), santunan diantar ke kediaman beliau di Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, dan pejuang veteran lainnya atas nama  Sasi (90) diantar ke kediamannya di Desa Rantau Keminting Kecamatan LAS," terang Rafiq.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua Kwarcab Pramuka HST ini mengatakan, bahwa perayaan yang dilaksanakan tiap tahun oleh rakyat Indonesia, hendaknya memiliki makna sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang kita peroleh dan salah satunya adalah  wujud kepedulian kita terhadap besarnya jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan.

Baca juga: Video-Semarak HUT RI ke-74 warga Pegunungan Meratus

"Santunan tersebut diberikan sebagai penghargaan dan apresiasi Pemkab HST kepada para pejuang yang pernah berjuang membela tanah air dan santunan yang diberikan adalah untuk kebutuhan sehari-hari berupa sejumlah uang," ungkapnya.

Sementara itu, seusai menerima santunan, Antamas mengungkapkan rasa syukur dan  ucapan terima kasih kepada Pemkab HST atas kepedulian dan perhatiannya kepada para pejuang veteran kemerdekaan.

"Kalau dulu kami bersama teman-teman berjuang mempertaruhkan harta bahkan nyawa, kalau sekarang nilai-nilai kejuangan yang kami wariskan hendaknya diaktualisasikan  secara nyata yaitu membangun dan memajukan daerah tercinta ini sehingga kemerdekaan benar benar dapat dirasakan oleh masyarakat," pesannya.

Baca juga: Pemuda Panca Marga HST napak tilas kenang pahlawan
Baca juga: Syukuri kemerdekaan RI, Pemkab HST gelar shalat hajat
Baca juga: Sekda HST lepas Mapala yang berangkat ke gunung Halau-Halau

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019