Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melalui tim yang dipimpin oleh RM Iqbal melaksanakan visitasi kepada Gugus Depan (Gudep) 06.071-06.072 Pangkalan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Khair Barabai, Rabu (31/7).

Kedatangan RM Iqbal selaku pengurus Kwarnas beserta rombongan dari Kwarda Kalsel di Bumi Murakata itu disambut dengan tarian selamat datang adat Banjar, tepuk pramuka dan nyanyian “selamat datang kaka”.

Diterima langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab)  Gerakan Pramuka Hulu Sungai Tengah (HST), H Ainur Rafiq beserta jajaran, dengan  didampingi Ka Mabigus Pangkalan SDIT Al Khair Muhammad Amin, beserta jajaran.

Baca juga: Acil Odah lantik Chairansyah Ketua Mabicab Pramuka HST
Baca juga: Berikut tuntutan massa GEPAK yang melakukan aksi di Kantor Bupati HST

"Saya terkesan dengan penyambutan yang begitu meriah," ujar Iqbal dalam sambutannya.

Ia menyatakan, bahwa penilaian lomba Gudep Unggulan bukan mencari pemenang, tetapi bagaimana bidang ekstra kurikuler pramuka berperan terhadap pembentukan karakter anak.

"Ada tiga aspek yang menjadi tujuan utama dalam kegiatan pramuka yaitu kebangsaan, kecakapan hidup dan karakter anak," jelasnya.

Baca juga: Pemkab HST apresiasi kegiatan pramuka tingkat penggalang
Baca juga: 74 club bola se-Banua Anam ikuti turnamen Manuntung Cup

Ketua Kwarcab HST, H Ainur Rafiq memberi motivasi agar pramuka dapat terus berkembang serta meningkat dengan bersinergi dengan semua pihak. Termasuk bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD).

Kamabigus Pangkalan SDIT Al Khair, Muhammad Amin, menyatakan bersyukur sekolahnya terpilih dalam ajang lomba penilaian Gudep Unggul tingkat nasional.

Sebelumnya dalam lomba Gudep Unggul Kwarda Kalsel, Gudep SDIT Al Khair meraih juara pertama dengan nilai 91.

Baca juga: PKK LAU dan Haruyan juara lomba cipta menu dan masakan serba ikan
Baca juga: Pemerintah instruksikan pasang bendera merah putih sebulan penuh

Senada dengan Muhammad Amin, Direktur pengelola Sekolah Al Khair Ustadz Nadzar menyatakan bahwa sekolah Al Khair telah lama berkomitmen untuk menerapkan ekstrakurikuler pramuka sebagai kegiatan wajib untuk diikuti seluruh siswa tanpa kecuali.

“Alhamdulillah Gudep SDIT Al Khair meraih predikat unggul, terkait dengan visitasi oleh tim Kwarnas, kami memang berharap dapat dipercaya menjadi yang terbaik, namun kemenangan bukanlah tujuan," katanya.

Yang terpenting bagaimana visitasi ini akan meningkatkan kepramukaan secara teknis dan manajemen agar semakin berkualitas dalam mencetak generasi yang berkarakter.
 
Pengurus Kwarnas saat melakukan visitasi di SDIT Al Khair Barabai (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Baca juga: Pemkab HST sosialisasikan Pemilihan BPD, berikut syarat menjadi anggota
Baca juga: Mesyarakat Komplek Kehakiman me
ndapatkan kendaraan pengangkut sampah dari Pemkab HST

Baca juga: Gerombolan kera mulai serang perkebunan petani HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019