Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan peresmian fasilitas publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) HSS agar memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dan kegiatan ini menunjukan komitmen untuk terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik lagi kepada masyarakat.

Ia mengatakan, pemerintah daerah untuk menjadikan pemerintahan yang melayani sudah dimulai sejak periode pertama, seiring dengan kebijakan pemerintah maka langkah-langkah nyata telah dilakukan yang dimulai dengan penempatan sarjana pendamping desa sejahtera, karena ujung tombak pelayanan ada di desa.

"Konsep awal menempatkan sarjana pendamping desa sejahtera dengan semangat untuk memberikan pelayanan di kantor kepala desa, seiring kebijakan tersebut diprogramkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Selain itu, pemerintah daerah harus terus berbenah karena unit-unit yang berhadapan langsung dengan masyarakat adalah potret pemerintah," katanya, saat menyampaikan sambutan syukuran dan peresmian fasilitas pelayanan publik di Dinas PMPTSP HSS, Senin (8/7).

Dijelaskan dia, banyak hal yang harus dilakukan disamping membenahi internal pada PMPTSP juga para investor yang ada di HSS, pemilik perusahaan hendaknya melaporkan keadaan yang sesungguhnya sehingga tergambarlah investasi per tahun di wilayah Kabupaten HSS.

Peresmian fasilitas pelayanan publik Dinas PMPTSP HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pemkab HSS Terapkan 25 Jenis Izin Online

Adanya Dinas PMPTSP maka masyarakat tidak lagi bolak balik, namun kendala yang harus segera diatasi adalah karena pelayanan ke depan satu pintu tidak bisa tanpa adanya dukungan OPD lain sehingga OPD punya pemahaman yang sama bahwa wajah pelayanan pemerintah ada di PMPTSP.

Selain itu, para petugas agar bisa memperingatkan enam bulan sebelum batas perijinan berakhir sehingga tidak ada perijinan yang melewati batas waktu, dan ia mengucapkan selamat bekerja, diharapkan semangat untuk memberikan pelayanan terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten HSS Hj.Elyani Yustika, mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah HSS, sehingga Dinas PMPTSP Kabupaten HSS dari tahun ke tahun terus berbenah dalam rangka memenuhi sarana dan prasarana penunjang pelayanan publik.

Menurut dia, pemenuhan  yang menjadi aspek penilaian dari Tim Menpan RB, Ombudsman, dan lain sebagainya yang diantaranya pada tahun 2016, masih KPPT melaksanakan rehab meja pelayanan dari yang tertutup menjadi terbuka (face to face).

Pada tahun 2017 disetujui empat orang pengadaan tenaga kontrak untuk FO sehingga secara full stand bye di ruang pelayanan dengan sistem shift, penggunaan aplikasi Sistem Pelayanan Secara On Line (Sippolin), tersedianya mobil operasional pelayanan tim teknis yang tentunya akan memudahkan tim untuk survey lapangan.

Kemudian pada tahun 2018 dilakukan rehab toilet untuk umum dan disabilitas, PMPTSP mengutamakan pada pelayanan penyandang disabilitas, perluasan atau pembenahan ruang back office, pengadaan CCTV, penambahan sarana komputer dan printer.

Peresmian fasilitas pelayanan publik Dinas PMPTSP HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: H Achmad Fikry terima tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan

Sedangkan pada tahun 2019 ini dilakukan perluasan ruang tunggu pelayanan, pengadaan kursi roda, pembuatan ruang bermain anak dan fasilitas pendukungnya, pembuatan ruang laktasi dan fasilitas pendukungnya, pengadaan mesin antrean serta survey kepuasan masyarakat secara elektronik serta peningkatan SDM tentang pelayanan prima (Excellent Service) dan rencana MoU dengan BNI untuk pembayaran non tunai.

“Alhamdulillah tahun 2018 Tim Kemenpan RB melaksanakan penilaian terhadap tiga SKPD pelayanan publik antaralain, di Dinas PMPTSP, Dukcatpil dan RSUD Brigjen H Hasan Basry Kandangan dengan mendapat penghargaan predikat kategori baik dan dari Ombudsman dengan tingkat kepatuhan tinggi (92,53)”, katanya.

Ditambahkan dia, agar Dinas PMPTSP Kabupaten HSS bisa terus meningkatkan nilai pelayanan publik dari Kemenpan RB di tahun 2019 ini menjadi nilai predikat A, sehingga bisa menambah dana insentif daerah sebagai bentuk reward.

Peresmian fasilitas pelayanan publik ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati HSS H Achmad Fikry, dan turut hadir pada peresmian tersebut Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H.Muhammad Noor,M.AP, para asisten, staf ahli dan para kepala SKPD.

Peresmian fasilitas pelayanan publik Dinas PMPTSP HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019