Kamis, 21 September 2017

Kapolda Apresiasi Inovasi Jajaran Tanggulangi Karhutla

id Karhutla
Kapolda Apresiasi Inovasi Jajaran Tanggulangi Karhutla
Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas yang ditugaskan melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla. (Antarakalsel/foto/Firman)
Banyak inovasi sarana pemadaman dari jajaran Polres dan juga Direktorat Sabhara Polda Kalsel, untuk mendukung upaya penanggulangan kebakaran lahan, hal ini sangat saya apresiasi,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengapresiasi jajarannya yang berinovasi dalam upaya menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada 2017.

"Banyak inovasi sarana pemadaman dari jajaran Polres dan juga Direktorat Sabhara Polda Kalsel, untuk mendukung upaya penanggulangan kebakaran lahan, hal ini sangat saya apresiasi," kata Kapolda di Banjarbaru, Sabtu.

Dia mengatakan tugas Kepolisian turut membantu dalam upaya penanggulangan Karhutla memang terbilang maksimal.

Seluruh satuan kerja dari tingkat Polda hingga Polres dan Polsek dikerahkan. Bahkan, mobil patroli bak terbuka Sabhara dan Polantas turut dipasangi tandon air dan alkon untuk memadamkan api.

"Pokoknya saya perintahkan seluruh Satker dan Satwil untuk memberdayakan sarana dan prasarana yang ada agar upaya pemadaman api dari Polri bisa maksimal membantu, termasuk dari Satuan Brimob juga harus bisa membantu," ujar Kapolda.

Secara khusus Kapolda memuji inovasi dari Polres Tanah Laut yang memberdayakan kendaraan dinas anggota Bhabinkamtibmas yang bisa membawa mesin penyemprot air.

"Sepeda motor Bhabinkamtibmas ini justru sangat efektif bisa menuju lokasi Karhutla yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, apalagi Bhabinkamtibmas sangat menguasai wilayahnya," tutur Kapolda.

Pada Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Karhutla di Lapangan Polri Jalan Ahmad Yani Km 21 Banjarbaru, Kapolda pun memastikan seluruh sarana pemadaman api milik Polri tersebut berfungsi dengan baik.

Alat-alat itu di antaranya termasuk penyemprot api kecil dan alat pemukul api yang terbuat dari rotan dan juga lempengen besi hasil kreativitas seluruh jajarannya. 

Editor: Gunawan Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga