Khatib Ustadz Haji Karliannor mengingatkan kaum Muslim, bahwa tiada merugi atau tidak ada ruginya bagi yang beramal saleh, dalam khutbahnya di Masjid Al Musyarrafah - Jalan Perintis Kemerdekaan Pasar Lama Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat.

Oleh karenanya, ustadz muda tersebut mengajak kaum Muslim terutama jamaah Masjid Al Musyarrafah untuk melakukan amal saleh selagi masih hidup atau hayat dikandung badan.

"Pasalnya ketika kematian kita hanya tiga yang mengerti yaitu keluarga, harta dan amal. Namun keluarga dan harta kan kembali, kecuali aman yang menyertai selama-lamanya hingga alam baqa," ujar khatib mengutip isi salah satu Hadits Rasulullah Muhammad Saw riwayat Buchari.

Mengawali khutbahnya, Ustadz Karli yang juga Kepala Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Sekolah Menengah Islam Pertama (SMIP) I Banjarmasin itu mengajak merenung Al Qur'an Surah An Nahal/An Nahl ayat (77).

"Isi Surat An Nahal ayat (77) menyatakan, barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami (Allah) berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan Kami keluasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan," kutip Ustadz Karli.

Menurut dia, dalam Surat An Nahal ayat (77) tersebut ada beberapa keutamaan antara lain Allah memberikan kehidupan yang baik, dapat ganjaran yang besar, dan berupa amal yang dibawa hingga alam baqa atau akhirat.

Mengakhiri khutbahnya yang berdorasi lebih kurang lima menit itu, Khatib Karli membacakan Surah Al Asy'ari yang isinya Allah menyatakan: Demi masa, manusia pada merugi, kecuali mereka orang-orang yang beriman dan beramal saleh, serta ingat-mengingatkan kebenaran dan kesabaran.

Namun pada awal khutbah, Ustadz Karli tidak lupa mengajak kaum Muslim terutama jamaah Masjid Al Musyarrafah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Karena dengan iman dan taqwa itulah bekal hidup kita di akhirat kelak,". demikian Ustadz Karliannor
 
Khatib Ustadz H Karliannor saat khutbah di Masjid Al Musyarrafah - Jalan Perintis Kemerdekaan Pasar Lama Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (25/10/2024) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024