Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar BAZNAS Award 2024 untuk penghargaan bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) instansi pemerintah dan Badan Usada Milik Daerah (BUMD).
 
"Ada lima UPZ yang menerima BAZNAS Award 2024 ini karena paling tinggi pengumpul zakat, infaq dan shadaqah diserahkan ke BAZNAS Kota Banjarmasin tahun ini," ujar Kepala BAZNAS Kota Banjarmasin H Riduan Masykur di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Baznas Tabalong salurkan ZIS Rp1 miliar hingga September
 
Diantara UPZ Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Banjarmasin dan BUMD yang menerima BAZNAS Award 2024, yakni Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dan Perumda Air Minum Bandarmasih.
 
"Tahun ini BAZNAS Kota Banjarmasin menerima pengumpul zakat, infaq dan shadaqah dari UPZ SKPD Pemkot Banjarmasin sekitar Rp1 miliar, ini sudah cukup besar," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang berperan penting dalam meningkatkan pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah di lingkungan pemerintahannya.
 
"Tentunya ini karena instruksi beliau, sehingga kesadaran pegawai pemerintah dan BUMD untuk menyalurkan kewajibannya menyisihkan penghasilannya untuk zakat, infaq dan shadaqah makin tinggi," ujar Riduan.
 
Dia pun menyampaikan, seluruh dana zakat, infaq dan shadaqah yang dikelola BAZNAS Kota Banjarmasin disalurkan langsung kepada yang berhak sesuai syariat Islam, diantaranya untuk perbaikan rumah warga yang tidak mampu, beasiswa anak yang tidak mampu hingga program bantuan kepada Lansia dan ibu hamil.
 
"Kami berusaha memegang amanah sebaik-baiknya dari para pemberi zakat, infaq dan shadaqah," ujarnya.
 
Apalagi pada tahun ini, ungkap dia, pengumpul zakat, infaq dan shadaqah dari berbagai lapisan masyarakat di Kota Banjarmasin sudah mencapai Rp2 miliar lebih.
 
"Secara dunia dan akhirat harus kami pertanggung jawabkan ini, hingga kami harus bisa mengelolanya dengan baik sesuai syariat Islam," ujarnya.
 
Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Banjarmasin Machli Riyadi menyampaikan, Pemkot Banjarmasin sangat komitmen untuk penyaluran zakat, infaq dan shadaqah ke BAZNAS.
 
"Karena program BAZNAS juga sangat membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, rumah tidak layak huni dan lainnya, sangat bersinergi," ujarnya.
 
Dalam kegiatan penganugrahan BAZNAS Award 2024 itu juga digelar rapat koordinasi UPZ SKPD/BUMD.
 
Pada kegiatan itu diundang pencerahan KH Qomaruddin atau lebih dikenal Guru Busu yang menyampaikan pentingnya bagi umat Islam untuk menyalurkan zakat.
 
Karena menurut dia, pembersih hati dan jiwa bagi mukmin yang beriman adalah mengerjakan sholat dan menunaikan zakat bagi yang mampu.

Baca juga: Baznas Banjarmasin renovasi total sepuluh rumah tidak layak huni

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024