Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tabalong, Kalimantan Selatan telah menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp1 miliar lebih yang dihimpun mulai Januari hingga September 2024 .

Ketua Baznas Tabalong Mardani di Tanjung, Kabupaten Tabalong, Senin, mengatakan dana ZIS yang dihimpun selama 2024 sebagian besar telah disalurkan pada masyarakat miskin dan yang membutuhkan.

Baca juga: Baznas Tabalong giatkan sosialisasi terkait zakat infak dan sodaqoh

Pada September ini, Baznas Tabalong telah menyalurkan dana sebesar Rp197 juta yang bersumber dari dana Zakat sebesar Rp97 juta dan dan Infaq sebesar Rp100 juta.

Sedang dana Zakat yang disalurkan Baznas Tabalong kepada masyarakat miskin pada September lalu sebesar Rp13 juta lebih, gharimin sebesar Rp75 juta, serta Rp8 juta untuk fisabilillah.  

Selain itu, dana infaq pada September 2024, Baznas Tabalong menyalurkan Rp71 juta lebih untuk masyarakat miskin, dan Rp29 juta lebih bagi fisabilillah.

"Jadi dalam penyaluran dana ZIS yang kami lakukan ini semuanya sudah sesuai ketentuan syariahnya," ucap Ketua Baznas Tabalong itu.

Baca juga: Tabalong Baznas mitigates stunting through healthy pregnant mothers

Mardani juga mengatakan dana Zakat sudah ada ketentuan terdapat delapan asnaf yang berhak menerima, sedangkan infaq lebih fleksibel, bisa disalurkan kepada masyarakat yang memerlukan, terutama keluarga miskin.

Ditambahkan dia, Baznas Tabalong menargetkan dapat menyalurkan dana Zakat sebesar Rp650 juta pada 2024, hingga saat ini telah terealisasi 60 persen atau sebanyak Rp427 juta.

Sedangkan, penyaluran dana infaq ditargetkan sebesar Rp685 juta pada 2024 dan kini telah tersalurkan sebesar Rp588 juta atau terealisasi 86 persen.

"Secara total dari Januari hingga September 2024, Baznas Tabalong telah menyalurkan dana zakat dan infaq sebesar Rp1 miliar lebih," ucapnya.

Baca juga: Baznas Tabalong bentuk 69 Unit Pengumpul Zakat bagi ASN
 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024