Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) menurunkan tim pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat di Kampung Inggris Transmigrasi di Kabupaten Barito Kuala.
 
Disampaikan Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Poliban Rizky Amelia di Banjarmasin, Senin, ada beberapa kegiatan pembinaan yang dilaksanakan berbentuk pelatihan di kampung yang berada di Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana tersebut.
 
Diantaranya, kegiatan pelatihan peningkatan pengetahuan mengenai pencatatan keuangan sederhana, anggaran biaya belajar, rekrutmen relawan dan integrasi teknologi pada media pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Storyjumper.  
 
"Kegiatan ini merupakan rangkaian kunjungan pertama yang berisi tiga kegiatan. Sedangkan, rangkaian kegiatan lainnya akan dilaksanakan pada 19 Oktober dan 24 Oktober 2024," ujarnya.
 
Menurut dia, program pengabdian kepada masyarakat Poliban pada 6 Oktober 2024 adalah awal yang baik untuk mengaktifkan lagi kegiatan yang dulu pernah hidup di Kampung Inggris Transmigrasi.
 
Rizky Amelia bersama dosen Poliban selaku anggota tim yaitu Putriana Salman dan Heldiansyah dibantu beberapa mahasiswa, menyampaikan fokus utama dari rangkaian kegiatan awal ini adalah untuk memberikan edukasi tentang pencatatan keuangan sederhana kepada peserta. 
 
Para peserta yaitu tingkat pengelola dan tutor mendapatkan pelatihan tentang bagaimana mencatat pemasukan dan pengeluaran secara efektif.
 
"Dengan adanya pengetahuan ini, diharapkan mereka mampu mengelola keuangan mereka dengan lebih baik untuk mendukung keberlanjutan usaha dan kesejahteraan Kampung Inggris Transmigrasi Kalsel," ujarnya.
 
Selain itu, lanjut Rizky, kegiatan ini juga memperkenalkan cara merencanakan anggaran biaya belajar bagi peserta luar yang ingin bergabung di Kampung Inggris Transmigrasi. Hal ini sangat penting untuk membantu keluarga merencanakan kegiatan dengan lebih matang dan terstruktur.
 
Dinyatakan dia, salah satu program unggulan dari kegiatan ini adalah rekrutmen relawan yang bertujuan untuk memperkuat program pendidikan di Kampung Inggris Transmigrasi. Program ini membuka peluang bagi kaum muda dan profesional yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan untuk berkontribusi secara aktif. 
 
Para relawan ini diharapkan, kata dia, dapat mendukung proses pembelajaran bahasa Inggris di kampung tersebut, sekaligus menjadi bagian dari berbagai kegiatan edukatif yang dijalankan di masa mendatang.
 
"Yang tidak kalah menarik, kegiatan ini juga menghadirkan integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui platform interaktif Storyjumper," ucap Rizky.
 
Dengan memanfaatkan teknologi ini, kata dia, peserta didorong untuk lebih aktif dalam belajar dan lebih mudah memahami materi pembelajaran bahasa Inggris. 
 
Sementara itu, Ketua Kampung Inggris Transmigrasi, Agus menyatakan, kampung ini telah berdiri pada tahun 2012 yang diselenggarakan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah Transmigrasi. 
 
"Akan tetapi, terdapat pasang surut dalam penyelenggaraan kegiatan di Kampung Inggris," ucapnya.
 
Sehingga, Agus menyambut baik niat tim pengabdian kepada masyarakat Poliban untuk memacu semangat bersama dalam kegiatan Kampung Inggris Transmigrasi ke depannya.
 
"Kita sangat terbantu dan dari upaya pembinaan yang dilakukan Poliban," ujarnya.
 
Diungkapkan pula Nisa, selaku tutor Kampung Inggris Transmigrasi, bahwa wawasan baru yang didapatkan dari tim PKM Poliban sangat membantunya untuk lebih siap.
 
Peserta lain, Ismail, selaku Ketua Bumdes Kampung Inggris Transmigrasi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dari tim PKM Poliban dan menegaskan komitmen mereka untuk bersama dalam memulai lagi keaktifan di kampungnya.
 
Program Pengabdian Kepada Masyarakat Poliban ini merupakan bagian dari inisiatif jangka panjang untuk meningkatkan mutu pendidikan, memberdayakan masyarakat dan memanfaatkan teknologi dalam proses belajar-mengajar. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan hibah Pengabdian kepada Masyarakat Batch III Tahun 2024 yg didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (DRTPM).
 
Ke depannya, program ini akan terus berlangsung untuk memastikan perkembangan dan keberlanjutan Kampung Inggris Kalsel.
Tim Pengandaian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Banjarmasin saat melaksanakan kegiatan dengan masyarakat Kampung Inggris Transmigrasi di Kabupaten Barito Kuala, pada 6 Oktober 2024. (ANTARA/HO-POLIBAN)

Baca link:Poliban

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024