Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta kepala desa (kades) lebih komitmen membangun desa melalui berbagai program setelah menerima perpanjangan masa jabatan dari sebelumnya enam tahun menjadi delapan tahun per periode.

"Peran kepala desa sangat penting karena memiliki tanggung jawab besar dalam memajukan desa. Karena itu, saya minta kepala desa berkomitmen dengan penuh integritas dalam memajukan desa," kata Penjabat (Pj) Bupati Tapin M Syarifuddin di Rantau, Tapin, Kamis.

Baca juga: Pemkab Tapin dan BNI kerja sama penggunaan kartu kredit

Dia mengungkapkan, setelah perpanjangan masa jabatan kepala desa, Pemkab Tapin dan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tapin menggelar pertemuan yang dihadiri seluruh kepala desa se-Kabupaten Tapin.

"Dalam pertemuan itu, kepala desa sebagai saling berbagi pengamalan, berdiskusi, dan mencari solusi atas tantangan yang kita hadapi bersama di Kabupaten Tapin," ucapnya.

Syarifuddin juga mengharapkan kepala desa menggali berbagai inovasi dengan program terbaik untuk pemberdayaan masyarakat desa, dan yang lebih penting mengelola anggaran desa dengan transparan dan akuntabel.

Baca juga: Pemkab Tapin turunkan stunting ke angka 12,75 persen

Setelah pertemuan ini, dia menekankan seluruh kepala desa memperkuat kerja sama, memperluas wawasan, saling memahami kondisi desa masing-masing, serta memberikan manfaat besar bagi kemajuan desa-desa di Kabupaten Tapin.

"Kegiatan ini bisa menjadi momen pemerintah daerah untuk mengatur dan meningkatkan kegiatan di desa. Apa yang sudah dilaksanakan desa lain bisa menjadi contoh yang baik untuk ditiru desa lainnya," tutur Syarifuddin.

Ketua DPC APDESI Kabupaten Tapin Fadli Rahman mengatakan pertemuan kepala desa se-kabupaten tersebut sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan syukuran perpanjangan masa jabatan kepala desa dari enam tahun menjadi delapan tahun.

"Kita eratkan tali silaturahmi untuk saling memberikan masukan agar ke depan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih maksimal,” ujar Fadli.

Baca juga: Pj Bupati Tapin dukung pembinaan atlet basket dan voli melalui turnamen

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024