Kementerian Pertahanan RI dilibatkan memberikan semangat bela negara kepada ribuan mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan.
 
Disampaikan Direktur Poliban Joni Riadi di Banjarmasin, Selasa, kampusnya melaksanakan sosialisasi dan destinasi pembinaan bela khususnya kepada mahasiswa baru bekerjasama dengan Kemenhan RI.

Baca juga: Robotik Poliban ukir prestasi di Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2024
 
"Ada sebanyak 1.390 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan tersebut," ujarnya.
 
Menurut dia, penting sosialisasi ini untuk membangun dan menanamkan sikap cinta tanah air pada setiap mahasiswa.
 
"Semangat yang diberikan Kemenhan kepada mahasiswa kami luar biasa," ucapnya.
 
Kemenhan mengutus Kolonel Arm Wahyu Jati Purnawan yang menjabat Analisis Madya Bid Sosbud Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan RI.
 
Joni Riadi menyampaikan, dengan pengetahuan yang disampaikan Kolonel Arm Wahyu Jati Purnawan, diharapkan mahasiswanya dapat lebih memahami dan menyadari pentingnya peran bela negara dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Baca juga: Poliban wisuda 978 sarjana bersertifikasi kompetensi
 
Karenanya, kegiatan ini bertema "Menciptakan kader bela negara yang berkarakter, mewujudkan Indonesia maju, menuju Indonesia Emas 2045.
 
Dalam kegiatan itu, Kolonel Wahyu memberikan materi terkait bela negara mulai dari landasan konstitusi, berbagai ancaman yang dihadapi hingga implementasi dari nilai cinta tanah air.
 
Dia menyampaikan adanya sinergitas dari para pemangku kepentingan sangat penting dalam pelaksanaan nela negara secara massif dan berkesinambungan.
 
"Kita perlu adanya komitmen kuat dan partisipasi aktif seluruh warga negara untuk mengimplementasikan aksi nyata bela negara dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Baca juga: Peserta dari Fak-Fak Papua ikuti pelatihan Asesor BNSP di Poliban
 
Baca link:Poliban
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024