Tim Robotik Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan berhasil mengukir prestasi di ajang Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia) 2024 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga di Banjarbaru, Kalsel.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Kamis,  mengatakan, tim robotik kampusnya mewakili provinsi ini dengan prestasi juara 1 untuk kategori perangkat keras.

Baca juga: Tiga Divisi Robotik Poliban lolos berlaga di tingkat nasional
 
"Tentunya kami sangat bangga, Tim Robotik Poliban bisa meraih juara 1 kategori perangkat keras di Kreativesia 2024, terlebih ajang ini pesertanya seluruh Indonesia, jadi sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang mereka raih," ujarnya.
 
Dikatakan Joni, kesuksesan Tim Robotik Poliban ini diharapkan bisa memotivasi anak muda lainnya di provinsi ini khususnya untuk terus menggali potensi dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki.
 
"Semoga mahasiswa lainnya juga bisa meraih prestasi seperti ini, setidaknya memulai untuk berani berinovasi dan berani berkompetisi," tuturnya.
 
Dia pun memastikan kampusnya sangat berkomitmen untuk terus menciptakan berbagai inovasi dan teknologi agar mewujudkan SDM yang berkualitas siap terjun di dunia kerja baik industri dan pendidikan.
 
Perwakilan Tim Robotik Poliban Khairunnisa menyampaikan, robotik yang diciptakan timnya hingga bisa memenangkan kompetisi tersebut berjudul "Prototype rancang bangun robot pengambil, penanam, dan pemanen padi berbasis kontrol".

Baca juga: Tim robotik mahasiswa Poliban Kalsel lolos ajang kontes robot tingkat nasional 2022
 
"Fungsi robot yang kami buat untuk membuat inovasi menerapkan ilmu robotika di bidang pertanian khususnya padi," ucapnya.
 
Dia pun menyampaikan rasa senang dan bangga hasil karya mereka bisa tampil di ajang nasional bahkan bisa menjadi juara.
 
"Tidak sia-sia kami bekerja keras untuk menciptakan robot ini, membawa kebanggaan bagi kami, kampus, hingga daerah ini," paparnya.
 
Dia pun menyampaikan komitmen timnya untuk terus berkarya dan berinovasi agar menciptakan teknologi lainnya hingga dapat bermanfaat bagi negara dan masyarakat.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024