Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan delegasi ASEAN untuk berkomitmen membangun ekonomi berkelanjutan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami terus berupaya memperoleh dukungan dari berbagai pihak untuk memperkuat ekonomi daerah. Dan kali ini kami mengundang Kadin Pusat dan Delegasi ASEAN untuk membahas berbagai hal tentang ekonomi Kalimantan,” kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Kalsel tingkatkan pengawasan aset milik daerah guna cegah korupsi

Pada diskusi tersebut, Sahbirin mengungkapkan banyak rekomendasi yang dihasilkan, seperti pengoptimalan dukungan dari para pengusaha, kerja sama dengan daerah lain, terutama kerja sama dengan negara di lingkup ASEAN.

“Dunia usaha semakin maju, kesejahteraan masyarakat harus meningkat. Maka dari itu, Kadin dan Delegasi ASEAN adalah mitra yang tepat dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sahbirin menjelaskan Kadin dan Delegasi ASEAN merupakan mitra yang berperan strategis untuk mendorong pengembangan dunia usaha di berbagai daerah.

Sebagai tindak lanjut pembangunan ekonomi berkelanjutan, Pemprov Kalsel memberikan hibah tanah seluas 2.500 meter persegi untuk pembangunan gedung Kadin Kalsel di Kota Banjarbaru.

Baca juga: Pemprov Kalsel apresiasi panen raya padi program Baznas di Batola

Ketua Umum Kadin Pusat Arsjad Rasjid mengapresiasi dukungan Pemprov Kalsel yang berkomitmen dalam pembangunan ekonomi yang inklusif.

Pada pertemuannya dengan Gubernur Kalsel dan Delegasi ASEAN, Arsjad memberikan berbagai masukan yang membangun, seperti mengoptimalkan berbagai sektor daerah yang strategis, penguatan kapasitas UMKM, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta berbagai isu strategis lainnya.

“Kadin telah menyusun white paper yang berisi usulan dan masukan para pelaku usaha, investor, dan akademisi, yang berkaitan dengan isu-isu ekonomi strategis khususnya pada lima tahun mendatang,” ujar Arsjad.

Baca juga: Gubernur Kalsel buka kejuaraan dunia Uncle Hard Enduro 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024