Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menerima kunjungan studi tiru kampus tetangga, yakni Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dalam rangka sharing Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
 
Sebagaimana diketahui, Poliban pada April 2024 mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI untuk implementasi keterbukaan informasi publik (KIP) pada 2023.

Baca juga: Tiga tim Poliban raih pendanaan nasional 2024
 
Direktur Poliban Joni Riadi di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan, bahwa pertemuan dua kampus ini dilaksanakan pada Senin di Gedung Kantor Utama, Gazebo Lantai 2 Poliban di Banjarmasin.
 
"Kita sharing-sharing saja, karena pada prinsipnya keterbukaan informasi publik ini bagaimana cara kita menyampaikan informasi yang transparan kepada masyarakat," ujarnya.
 
Poliban mencoba berbagi ilmu dan kiat-kiat terbaik dalam manajemen pelayanan informasi hingga bisa meraih nilai 90,14 untuk implementasi keterbukaan informasi publik dari Kemendikbud Ristek.
 
Joni menyampaikan, bahwa transparan bukan berarti semua hal harus dibuka pada masyarakat, melainkan hal-hal yang memang layak menjadi konsumsi masyarakat harus disampaikan secara terbuka.

Baca juga: Poliban beri penghargaan dosen peneliti produktif pada Harkitnas 2024
 
"Ada hal-hal yang tidak bisa kita buka ke masyarakat, tapi apa yang menjadi konsumsi masyarakat kita buka, termasuk aplikasi-aplikasi yang mendukung informasi tersebut," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan apresiasi kegiatan bersama ULM Banjarmasin ini terlaksana dengan lancar, karena banyak ilmu yang diserap di sini, manfaat besar bagi kedua kampus.
 
Dalam keterangan Plt Koordinator Kerja Sama dan Humas ULM Banjarmasin Andi Nur Salam, menyampaikan tujuan kedatangan pihaknya ke Poliban, yakni untuk mengetahui secara detail bagaimana Poliban bisa meraih penghargaan keterbukaan informasi publik kategori informatif dari Kemendikbud Ristek.
 
"Terkait penganugerahan yang diterima Poliban, kami ingin mengetahui secara detail, kira-kira apa tips dan trik Poliban bisa meraih penganugerahan informatif terkait KIP ini. Dan kami berharap tahun 2024 nanti ULM juga bisa informatif," demikian katanya.

Baca juga: Dua mahasiswa Poliban raih prestasi diajang MTQ Politeknik Nasional 2024
 
Baca link: Poliban

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024