Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memeriksa dan mengirim ribuan kilogram tiga jenis ikan segar menuju Kota Makassar, Bone, dan Maros Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Karantina Kalsel Sudirman di Banjarmasin, Minggu, mengatakan jenis ikan tersebut antara lain Kerapu Macan segar sebanyak 240 kilogram, Ikan Teri kering (2.510 kilogram), dan Ikan Bandeng segar (5.990 kilogram).

Baca juga: Karantina Kalsel periksa 5.000 butir telor walet dikirim ke Semarang

“Petugas telah melakukan sertifikasi sebelum ikan diberangkatkan melalui tempat pengeluaran Pelabuhan Laut Batulicin Tanah Bumbu menuju Sulawesi Selatan,” ujar dia.

Sudirman menuturkan petugas melakukan berbagai tindakan karantina mulai dari pemeriksaan dokumen beserta kesesuaian jenis dan jumlah komoditas, hingga pemeriksaan fisik seluruh ikan secara detail.

“Pemeriksaan kesehatan terhadap fisik ikan dilakukan petugas secara organoleptik,” ucapnya.

Pemeriksaan kesehatan komoditas secara organoleptik, kata dia, untuk memastikan tidak terdapat gejala hama penyakit ikan karantina (HPIK) sehingga aman dan layak dikonsumsi di daerah tujuan.

Baca juga: Dukung penghijauan, Pemprov Kalsel kirim benih Akasia ke Kota Bogor

Sudirman mengungkapkan setelah dilakukan seluruh tindakan karantina, ribuan ikan segar tersebut telah dilengkapi dokumen, dinyatakan sehat, dan memenuhi seluruh persyaratan.

Kemudian, Karantina menerbitkan Sertifikat Kesehatan Ikan dan Produk Perikanan Domestik (KI-D2) sebagai syarat utama agar ikan dapat dilalulintaskan sekaligus jaminan mutu dan keamanan pangan.

“Tindakan karantina ini bagian dari pengawasan dan pemeriksaan agar komoditas ikan layak, sehat, dan dapat diterima di daerah tujuan pengiriman,” ungkap Sudirman.

Baca juga: Kalsel ekspor ikan unggulan ke Thailand dan Tiongkok

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024