Wakil Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Arifin Noor menyatakan mempertahankan etika menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam bekerja secara profesional.

"Ini sebagai salah satu kunci sukses dalam bekerja," ujarnya saat menjadi pembicara pada seminar nasional yang digelar Universitas Islam Kalimantan (Uniska) di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Mahasiswa UNISKA akan magang wajib dilindungi BPJamsostek

Untuk itu, Arifin menuturkan penting mempertahankan etika yang baik dan profesionalisme di tempat kerja untuk meraih kesuksesan pada masa depan.

Saat ini, Arifin menyebutkan tantangan dunia kerja semakin berat termasuk digitalisasi, persyaratan kerja yang lebih ketat dan persaingan yang meningkat.
 
Namun, dia optimis individu akan lebih mudah menemukan peluang kerja saat mampu mempertahankan etika dan taqwa. 
 
"Jangan khawatir, jika kita menjaga etika, bukan kita yang mencari kerja, tapi dunia kerja yang akan mencari kita," ujar Arifin.

Baca juga: Mahasiswa UNISKA bicara komunikasi masa depan

Dia mencontohkan mempertahankan sikap hormat kepada orang tua, guru dan dosen sebagai bagian dari etika yang baik. 
 
"Profesionalisme dan etika yang baik harus dimulai dari pendidikan dasar dan terus diterapkan sepanjang kehidupan seseorang, termasuk di dunia kerja," ucapnya.
 
Sementara itu, Dekan Fisip Uniska Banjarmasin Dewi Merdayanty menyampaikan bahwa seminar yang mengundang Wakil Wali Kota Banjarmasin ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja dengan sikap profesional dan positif.
 
Dia setuju dengan Wawali Banjarmasin, bahwa profesionalisme tidak hanya terbatas pada lingkungan kerja, tetapi juga harus termanifestasi dalam segala kegiatan yang diikuti. 
 
"Pentingnya menguasai teknologi dan adaptasi dengan globalisasi sebagai tantangan utama di dunia kerja saat ini," katanya.

Baca juga: Uniska gelar diskusi bersama wali kota Banjarmasin

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024