Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengusulkan alokasi anggaran Rp21 miliar untuk menjamin iuran kesehatan warga miskin melalui kepesertaan BPJS Kesehatan pada 2024.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dr Tabiun Huda di Banjarmasin, Rabu, bahwa alokasi anggaran tersebut sudah dibahas di DPRD Kota Banjarmasin.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin ikuti kursus pemantapan pimpinan daerah 2023
 
"Sudah dibahas kemarin pada rapat rancangan APBD 2024 dengan badan anggaran dewan dengan besaran demikian," ujarnya.
 
Menurut dia, Pemkot Banjarmasin harus menjamin pelayanan kesehatan semua warganya utamanya warga yang perekonomiannya rendah agar bisa berobat ke rumah sakit dengan gratis.
 
"Karena itu adanya program ini untuk menjamin mereka mendapatkan pelayanan maksimal dari rumah sakit," papar Tabiun.

Baca juga: Banjarmasin Art Week 2023 gelar pameran seni rupa bertema "kemarau panjang"
 
Selain program itu, kata dia, Pemkot Banjarmasin juga memberikan bantuan bagi warga yang tidak termasuk dijaminkan BPJS kesehatan dengan dana pendamping.
 
"Jadi Pemkot Banjarmasin juga mengusulkan alokasi anggaran untuk dana pendamping bagi warga yang tidak mampu namun tidak memiliki kartu BPJS kesehatan untuk berobat di rumah sakit," ujarnya.
 
Bahkan anggaran Rp10 miliar diusulkan juga pada APBD tahun 2024 untuk membayar tunggakan pembayaran dana pendamping itu di sejumlah rumah sakit di kota ini.
 
"Jadi Pemkot Banjarmasin terus berupaya untuk memberikan hak mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal bagi warganya, utamanya warga tidak mampu atau miskin, semuanya bisa tertampung," ujarnya.
 
Demikian juga untuk pelayanan dasar, paparnya, Pemkot Banjarmasin terus juga membenahi puskesmas-puskesmas agar bisa memberikan pelayanan maksimal.
 
"Diantaranya puskesmas Sungai Andai di Banjarmasin Utara, kita anggarkan juga tahun depan untuk melengkapi sarana dan prasarana untuk pelayanan kesehatan," tuturnya.

Baca juga: Banjarmasin berupaya tuntaskan 8.000 rumah tanpa toilet sehat

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023