Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor memberikan penghargaan kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian pada Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Rabu.

Penghargaan itu diberikan atas dedikasi, kontribusi dan kerjasamanya dalam meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan bidang kesamsatan.

Pada rapat koordinasi yang mengangkat tema Bergerak Bersama dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Samsat yang Presisi guna Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor, Paman Birin dalam sambutannya menekankan, agar samsat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Pelayanan terbaik yang bagaimana, ya tentunya yang sesuai dengan harapan masyarakat kita,” katanya.

Disampaikan Paman Birin, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat perlunya sinergi, kolaborasi stakeholder terkait.

Menurutnya, Pemprov Kalsel melalui Badan Pendapatan Daerah perlu meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait, seperti kepolisian, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, dan pihak terkait lainnya, untuk menyelenggarakan kampanye sosialisasi yang komprehensif.

Dari aspek keuangan daerah, penerimaan pajak kendaraan bermotor memiliki peran penting dalam meningkatkan kemandirian fiskal daerah.

Penerimaan pajak yang signifikan memberikan sumber pendapatan yang stabil, meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan daerah, dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.

Dengan memanfaatkan potensi penerimaan pajak daerah dari samsat secara optimal, pemerintah daerah dapat mengurangi ketergantungan pada dana transfer dari pemerintah pusat dan memperkuat keuangan daerah untuk melaksanakan program pembangunan Kalimantan Selatan yang lebih baik.

Selain itu, Paman Birin juga bersama Kapolda Kalsel menandatangani kesepakatan bersama pembangunan gedung prototype BPKB Tipe C di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Tanah Bumbu

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023