Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri menggelorakan semangat merengkuh gelar sarjana di momen peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 yang jatuh hari ini.

"Semangat bisa berpendidikan tinggi hingga meraih gelar sarjana harus terus digelorakan karena ini penting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata dia di Banjarmasin, Selasa.

Ditegaskan dia, kendala biaya tidak bisa lagi dijadikan alasan untuk tidak kuliah karena asal ada tekad dan kemauan maka mengikuti pendidikan tinggi pasti bisa dilakukan.

Apalagi saat ini sangat banyak program beasiswa yang ditawarkan baik pemerintah maupun pihak swasta yang bekerja sama dengan perguruan tinggi.

Begitu juga ULM yang berkomitmen membuka akses seluas-luasnya bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat untuk bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi melalui berbagai jalur penerimaan dan program beasiswa.

Seperti tahun ini, ULM menerima sebanyak 411 calon mahasiswa baru penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah di jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dari 1.589 orang yang telah lolos SNBP.

"ULM juga menyediakan beasiswa yang dibiayai PT Adaro dan sejumlah pihak lainnya termasuk bagi penghafal Al-Quran bisa diterima lewat jalur seleksi mandiri," ungkap rektor.
 
ULM menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023. (ANTARA/Firman)


Ditegaskan rektor pula, ULM sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul di Kalimantan Selatan terus mendukung program-program pemerintah demi mewujudkan cita-cita mencerdaskan bangsa dan membangun generasi emas Indonesia.

Sebagaimana cita-cita luhur Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat.
ULM menggelar upacara peringatan Hardiknas tahun 2023. (ANTARA/Firman)


Diketahui, ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terakreditasi A dan satu-satunya masuk klaster Mandiri di pulau Kalimantan alias terbaik bersama 40 perguruan tinggi top Indonesia dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi saat ini memiliki sekitar 40 ribu mahasiswa.

Kampus tertua di Kalimantan yang berdiri 21 September 1958 ini secara konsisten mencetak ribuan sarjana setiap tahun yang berkontribusi besar dalam mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Selatan.

Sepanjang tahun 2022 lalu dalam lima kali gelaran wisuda, ULM mencetak 5.816 lulusan mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister hingga program Doktor.

Baca juga: ULM konsisten cetak ribuan sarjana setiap tahun dongkrak IPM Kalsel
Baca juga: 600 mahasiswa ULM aktif berwirausaha
Baca juga: Pemda berkontribusi memajukan ULM mendidik SDM terbaik di Kalsel
 

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023