DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK menyatakan dukungan tersebut di sela-sela perekaman e-KTP bagi pimpinan/anggota Dewan provinsi itu oleh Disdukcapil Banjarmasin, Selasa.

Penerapan e-KTP sekarang merupakan bagian dari upaya mempercepat serta mendukung akurasi terbangunnya data base kependudukan, baik di kabupaten/ kota dan provinsi maupun data base kependudukan secara nasional. 

Namun jika ada kendala jaringan, pengiriman hasil perekaman e-KTP tidak sempurna. 

"Inilah dasar terselenggaranya perekaman e-KTP di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel yang menargetkan seluruh anggota DPRD Kalsel serta staf pegawai di Sekretariat DPRD (Setwan)," ujar Ketua Dewan Supian HK.

Ia berharap, legalitas pembuatan e-KTP di Setwan Kalsel  hari ini (2/5/23) mecapai target dari yang sudah ditentukan. 

"Dari target ditentukan oleh pemerintah, mari kita bertransformasi ke KTP Digital. Target tahun ini 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital di 'hand phone' (HP) Masing-masing," ujar Supian HK.
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Supian HK didampingi Ketua Komisi I Hj Rachmah Norlias saat menyaksikan perekaman e-KTP digital di Gedung Dewan provinsi tersebut, Selasa (2/5/23) (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel Hj Rachmah Norlias mengapresiasi Disdukcapil Kota Banjarmasin atas tercanangkannya program e-KTP berbasis digital.

Hj Rachmah Norlias yang akrab dengan sapaan Ibu Amah dan mantan Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin tersebut optimistis hari ini (2/5/23) dapat melampaui target. 

"Kami apresiasi Disdukcapil dalam rangka program e-KTP ini yang menyasar ke kantor pemerintahan salah satunya di Setwan Kalsel dan tempat umum," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut, seraya berharap, 
pelaksanaannya tembus 100 persen. 

"Dalam sosialisasi peraturan daerah (Perda) Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan kita harapkan teman teman sejawat bisa ikut mensosialisasikan giat tersebut dan mengundang Disdukcapil kabupaten/kota setempat," tegas Ibu Amah.

Perekaman e-KTP digital bagi pimpinan/anggota Dewan serta staf/karyawan-karyawati Setwan tersebut bertempat di Lobi Lantai II Gedung A DPRD provinsi setempat.

Pimpinan/anggota DPRD Kalsel serta staf Setwan tersebut terlihat antusiasme mengikuti perekaman e-KTP yang disaksikan Ketua Dewan H Supian HK didampingi Ketua Komisi I Ibu Amah.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023