KPPN Barabai menggelar kegiatan "Treasury Goes To School" di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Hulu Sungai Tengah (HST) untuk mensosialisasikan pengelolaan keuangan negara kepada generasi muda.

"Kegiatan Treasury Goes To School merupakan edukasi yang digelar oleh KPPN Barabai selaku perwakilan Kementerian Keuangan di daerah untuk memberikan pemahaman yang tepat terkait pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) kepada masyarakat," kata Kepala KPPN Barabai Darius Tarigan di Barabai, Senin.

Baca juga: KPPN Barabai gelar rekonsiliasi data penyetoran pajak pusat

Darius menuturkan tema Treasury Goes To School kali ini "Wujudkan generasi muda paham APBN" yang merupakan upaya KPPN untuk memberikan edukasi sehingga generasi muda memahami pengelolaan keuangan dan perbendaharaan negara, terutama terkait APBN.

Dikatakan Darius, kegiatan itu dapat memberikan manfaat bagi para siswa, yaitu pertama siswa dapat mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan yang profesional dan akuntabel. Pengetahuan ini dapat membuka cakrawala berpikir siswa sehingga dapat lebih bijak dalam menyikapi pemberitaan yang muncul di media massa dan media sosial terkait isu keuangan negara. 

Kedua, siswa diharapkan memiliki pengetahuan secara umum dan dapat andil dalam menyebarkan berita positif terkait pengelolaan keuangan negara kepada teman dan anggota keluarga.

Baca juga: KPPN dampingi Dinas PMD serahkan BLT kepada masyarakat

Ketiga, siswa dapat mengetahui melalui tanya jawab dengan para pegawai KPPN mengenai pengalaman dalam dunia kerja, terutama berkaitan dengan bagaimana praktik pengelolaan keuangan negara. 

Kepala MAN 1 Barabai Someran menyatakan bahwa peran APBN penting bagi pelaksanaan kegiatan di MAN 1 HST, yang mendapatkan dana dari APBN melalui DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) yang digunakan untuk membiayai operasional sekolah.

Dalam sesi materi, pihak KPPN menyampaikan tentang peran APBN dalam pembangunan termasuk pengalokasian dana APBN untuk pendidikan yang mengambil porsi terbesar dalam belanja APBN, yaitu 20 persen dan diberikan contoh dalam keseharian sehingga memudahkan para siswa untuk memahami apa yang disampaikan.

Selanjutnya juga disosialisasikan kesempatan melanjutkan pendidikan pada PKN (Politeknik Keuangan Negara) STAN yang merupakan sekolah kedinasan di Kementerian Keuangan.

Baca juga: KPPN Barabai Gelar "Treasury Goes To School" di MAN 2 HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023