Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Barabai menggelar “Treasury Goes To School” dengan mengunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Hulu Sungai Tengah (HST) dalam rangka memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya pengelolaan APBN yang bersih dan akuntabel.

"Kegiatan Treasury Goes To School ini berupa pemaparan mengenai Keuangan dan Perbendaharaan Negara yang disertai dengan diskusi interaktif yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 12," kata Kepala KPPN Barabai Darius Tarigan di Barabai, Sabtu.

Ia menyampaikan bahwa generasi muda perlu memiliki kepedulian terhadap bangsa dan negara, salah satunya terhadap pengelolaan negara secara bersih dan profesional, termasuk pengelolaan keuangan dan perbendaharaan negara.

"Dalam kegiatan ini, pemateri yang berasal dari pegawai milenial KPPN Barabai yang menjelaskan mengenai konsep keuangan negara dan bagaimana pelaksanaan APBN dilakukan dengan mengambil contoh-contoh keseharian yang mudah dipahami," katanya.

Dikatakan Darius, Pelaksanaan APBN perlu dilakukan secara cermat, dengan memperhatikan prioritas atas berbagai pilihan yang tersedia, dengan tujuan akhir untuk mencapai tujuan bernegara sebagaimana tersebut dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Setelah pengenalan mengenai APBN, pegawai KPPN Barabai juga menyampaikan informasi terkait sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Keuangan, yaitu PKN STAN.

Informasi mengenai PKN STAN ini ditambahkan Darius diharapkan dapat memberikan perluasan wawasan kepada siswa kelas 12 MAN 2 Hulu Sungai Tengah bahwa setelah lulus dari sekolah tingkat menengah atas, siswa memiliki berbagai alternatif untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, salah satunya adalah melalui PKN STAN.

Treasury Goes To School dijelaskan Darius merupakan salah satu program edukasi pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk lebih mengenalkan mengenai pengelolaan APBN kepada masyarakat luas, terutama generasi muda.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengenalkan secara umum mengenai peran pemerintah, dalam hal ini KPPN Barabai, dalam penyaluran dana APBN kepada masyarakat. 

"Di akhir acara, kami juga melakukan permainan berupa cerdas cermat sederhana yang diikuti oleh siswa dengan pertanyaan seputar APBN dan keuangan negara," katanya.

Kepala MAN 2 HST H Ahmad Muaz mengapresiasi inisiatif KPPN Barabai untuk menyelenggarakan kegiatan Treasury Goes To School.

Beliau juga menyampaikan informasi kepada para siswa kelas 12 bahwa APBN berperan penting dalam penyelenggaraan kegiatan di MAN 2 HST dan bahwa penyaluran APBN kepada MAN 2 HST dilakukan melalui KPPN Barabai.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023