Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Barabai mendampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam acara penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Triwulan I Tahun 2023 di Desa Amawang Kanan, Kecamatan Kandangan.

"Acara kali ini adalah penyerahan secara simbolis dan penyaluran dana BLT telah dilakukan melalui rekening bank penerima BLT pada bulan Februari lalu agar penyaluran lebih cepat dan efektif," Kepala DPMD Kabupaten Hulu Sungai Selatan Susilo Adianto, Selasa.

Meskipun BLT dari Pemerintah telah disalurkan untuk Triwulan I menurutnya penyaluran BLT ke penerima diberikan sesuai dengan bulan yang telah berjalan yaitu Januari dan Februari.

"Hal ini bertujuan untuk menghindari BLT disalurkan kepada keluarga yang tidak berhak, misalnya pindah domisili atau penerima meninggal dunia, sedangkan penyaluran BLT bulan Maret akan dilakukan segera," tukasnya.

Kepala KPPN Barabai Bapak Darius Tarigan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran DPMD Kabupaten HSS atas kinerja penyaluran BLT dan Dana Desa yang cepat, tercepat dari seluruh pemda di wilayah kerja KPPN Barabai.

"Dari data kami, sampai dengan bulan Februari 2023 telah berhasil menyalurkan 100 persen kepada 144 desa," katanya.

Dikatakannya, BLT merupakan bagian dari Dana Desa yang dialokasikan kepada seluruh desa di Indonesia dan ini merupakan wujud nyata pemerintah dalam memberdayakan desa," katanya.

Ia menyatakan, Dana Desa hendaknya diwujudkan pada prioritas pembangunan yang telah ditetapkan seperti ketahanan pangan, pencegahan dan penurunan stunting, peningkatan kualitas SDM desa, pengembangan BUMDes, BLT bagi warga miskin, dan lain-lain.

Darius Tarigan berharap BLT dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima serta mengajak seluruh komponen untuk ikut mengawasi penggunaan Dana Desa agar tidak disalahgunakan.

Sejumlah masyarakat penerima BLT juga turut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah atas BLT yang mereka terima. BLT mereka manfaatkan untuk membeli sembako, seperti beras dan minyak, serta kebutuhan harian lain.

 BLT juga dimanfaatkan untuk menambah membeli pupuk, ada juga yang digunakan untuk membeli tambahan obat yang tidak ditanggung oleh BPJS. Mereka berharap pemberian BLT akan terus berlanjut.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023