Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII Tarakan mengasah kemampuan pertahanan pangkalan dalam uji terampil tugas tempur dengan diikuti seluruh prajurit pada setiap divisi.

"Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) ini langsung disaksikan tim penguji dipimpin Danpuslat Pasrat Kolat Koarmada II Letkol Marinir Arif Budiman," kata Komandan Lanal (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.

Baca juga: Sinergitas Polresta dan TNI AL jaga kondusifitas Banjarmasin

Adapun materi uji terampil Glagaspur antara lain pemeriksaan perangkat lunak, tes uji tulis, menembak dan bongkar pasang senjata, peraturan baris-berbaris, dan formasi penanggulangan huru-hara.

Kemudian, Peraturan Dinas Dalam (PDD) khas TNI Angkatan Laut, kecakapan bahari dan komunikasi, renang militer dan evakuasi medis, upacara pemakaman militer, upacara ziarah nasional dan upacara tabur bunga di laut.

Pada kegiatan khusus simulasi peran pertahanan pangkalan, Lanal Banjarmasin bersinergi dengan Tim Jibom Gegana Satbrimob Polda Kalsel dan PMK Kota Banjarmasin yang meliputi peran tempur bahaya umum, peran anti teror dan sabotase, peran tempur bahaya udara serta peran penanggulangan bahaya kebakaran.

Danlanal Banjarmasin mengaku bersyukur rangkaian uji terampil Glagaspur selesai dilaksanakan dengan lancar dan memperoleh hasil yang terbaik.

Baca juga: TNI AL tangkap dua kapal di Sungai Kapuas, angkut BBM ilegal

Dia berharap dapat menjadi bekal bagi seluruh prajurit dalam menjaga kemampuan dasar untuk meningkatkan dan mempertahankan kesiapsiagaan yang profesional dalam mencapai tugas pokok. 

"Tentunya ini menjadi tolak ukur dan menjadi acuan prajurit dalam menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, handal, tangguh dan profesional," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Arif menuturkan hasil rangkuman penilaian semuanya baik berkat prajurit Lanal Banjarmasin yang sudah berlatih sesuai prosedur dan dilaksanakannya dengan penuh semangat sehingga memperoleh hasil yang terbaik.

Baca juga: TNI AL bantu vaksinasi COVID-19 hingga 80 persen di Banjarmasin

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023